Minggu, 25 November 2012

Miris Di Air Terjun Sipiso-piso




Para traveler indonesia pasti mengenal dong air terjun si pisopiso,air terjun cantik yang berada di pinggir danau toba sumatra utara.Salah satu andalan daerah tujuan wisata di sumatra utara ini pun begitu terkenal oleh turis mancanegara.Begitupun dengan saya ,sudah sejak lama keinginan saya untuk mengunjungi tempat ini.Maka ketika saya berkesempatan mengunjungi Medan ,air terjun sipisopiso masuk dalam objek wisata yang harus dikunjungi selain danau toba tentunya


Bayangan saya mengenai air terjun ini adalah cukup sulit menjangkaunya apalagi saya menggunakan angkutan umum dan mungkin perlu berjalan kaki yang cukup jauh .Biasanya untuk menuju air terjun itu kita harus mengeluarkan energi yang cukup besar baik treking di hutan,naik turun bukit,naik perahu dulu dll,kecuali air terjun lembah anai sumbar ya yang gak usah susah payah untuk melihatnya ,secara ada di pinggir jalan raya.

Tapi ke sipisopiso ternyata nggak susah loh,angkot yang saya naiki parkir dengan mulus di sebuah lapangan di samping kios-kios penjual souvenir dan tinggal nengok sedikit ...ngok...air terjun tersebut memamerkan keindahannya yang bikin saya terkagum –kagum.

Gilllaaaaaaa...keren bangetttt..!!! satu kata yang muncul dari mulut saya, eh ...tiga kata ding


cantik,kan ?

Kamis, 15 November 2012

Calo Mandalika



Ini kedua kalinya saya ke lombok tepatnya kota Mataram,kalau 8 tahun yang lalu teman saya geregetan karena angkot yang gak mau jalan-jalan dan sekalinya jalan muter-muter disitu-situ aja di terminal mandalika ,kali ini saya yang dibuat kesal oleh oknum calo yang berkeliaran di sekitar terminal tersebut.

Saya sering mendengar keluhan para traveler yang sedang berkunjung ke lombok terutama di terminal ini.Cuma karena keterbatasan informasi membuat saya terjebak oleh tipu daya para calo tersebut.Padahal langkah yang saya ambil sudah tepat bertanya dahulu kepada kenek bus bandara untuk mengetahui PO bus yang akan berangkat ke sumbawa sebagai tujuan saya.Kenek bus itu menyarankan saya untuk berhenti di terminal mandalika karena disinilah banyak bus yang menuju ke sumbawa ,okelah saya ikuti.


Ucapan selamat datang

Kamis, 16 Agustus 2012

Minuman Segar Asia Tenggara


Dari semua negara asia tenggara yang saya kunjungi( kec Brunei dan Timor),ada yang membuat saya selalu teringat apalagi kalau bukan kulinernya yang khas.Kali ini saya akan ngomongin minuman atau es–es an.Kalau saya perhatikan negara-negara asia tenggara mempunyai ragam minuman segar atau es–es an mungkin karena cuaca di asia tenggara yang sepanjang tahun hangat jadi penduduknya kreatif membuat minuman untuk melawan panasnya terik matahari di sekitar khatulistiwa.

Contohnya Singapore terkenal dengan es potongnya,Malaysia dengan air mata kucingnya,Vietnam dengan es kopinya .Bagaimana dengan negara indochina yang lain?.5 tahun yang lalu waktu traveling ke Kamboja minuman favorit saya adalah dragon fruit juice atau jus buah naga.Waktu itu sih di Indonesia belum begitu booming bahkan saya gak pernah nemu tuh tukang jus yang ada buah naganya ,Hampir setiap saat saya memesan minuman ini rasanya segar bentuk buahnya aneh,putih ada bintik-bintik hitamnya,bahkan sekarang ada yang berwarna merah daging buahnya.Di Jakarta sekarang saya gak kesulitan mencarinya.

Di Myanmar minuman yang jarang ada di Indonesia yaitu jus buah plum,kalau menurut saya rasanya sih terlalu manis sepertinya lengket di tenggorokan ,minuman kemasan botol ini banyak dijual di supermarket-supermarket kota yangon dengan harga yang cukup murah.Beberapa bulan lalu saya melihat bentuk buahnya di sebuah supermarket di kawasan elit Jakarta. Ternyata buah plum termasuk kategori buah impor yang lumayan mahal harganya.

Buah plum dan buah naga

Senin, 30 Juli 2012

Kejutan Cebu

Cebu city merupakan kota terbesar ke dua di Filiphina setelah Manila cuma itu informasi yang saya tahu.Sebelumnya saya hanya riset seperlunya saja karena menurut beberapa orang yang sudah pernah ke kota ini  menurut mereka   seperti layaknya kota besar aja yah seperti Surabayanya Indonesia lah.Walaupun begitu saya ingin sekali menikmatinya  keliling-keliling kota sambil ngemall dan mencoba kuliner setempat serta memperhatikan kebiasaan orang lokalpun sudah cukup bagi saya.Dan tentunya melihat gereja-gereja tua yang cantik arsitekturnya.

Sebelum  sampai ke kota ini saya terlebih dulu mengunjungi pulau Bohol ,pulau yamg ada disebelahnya pulau Cebu.setelah bermalam di Tagbilaran ,ibukota propinsi Bohol dan berwisata di pulau tersebut saya berlanjut menyebrang ke pulau cebu melalui Tubigon .Hari sudah menjelang malam ketika saya mendarat di pulau Cebu.

pelabuhan tubigon ,bohol

Kamis, 28 Juni 2012

Waingapu Ojek Tour

Walaupun Waingapu  merupakan kota terbesar di Pulau Sumba tapi cukup sulit mengeksplornya dengan angkutan umum karena angkutan umum tidak dapat diandalkan di kota ini.Menggunakan ojek merupakan cara yang ampuh untuk bisa melihat sisi keindahan Waingapu,masyarakat di sini juga sudah terbiasa dengan ojek kemana-mana meski naik ojek.Walaupun saya sudah bertanya  bagaimana cara ke sebuah tujuan tertentu dengan angkutan umum maka yang dianjurkan oleh penduduk lokal ya ojek motor.

salah satu view kota Waingapu


Kita bisa menyewa ojek seharian untuk mengunjungi beberapa spot menarik di sekitar kota ini dan juga bisa menyewa ke daerah tujuan wisata di luar kota waingapu seperti ke Rende atau Kelala yang jaraknya cukup jauh dan memakan waktu lama hargapun bisa negosiasi dan cukup masuk akal.

Selasa, 19 Juni 2012

Jangan Cuma Transit Di Larantuka


Saya menyetop minibus di salah satu ruas jalan trans Flores.Kala itu saya sedang berada di wodong salah satu desa yang tak jauh dari kota Maumere .Bus yang saya naiki melaju cepat ,didalamnya banyak penumpang yang membawa barang.Banyak orang yang menuju ke larantuka pada sore itu karena kapal pelni akan bersandar di kota tersebut dan melanjutkan perjalanannya ke Makasar.Jadi,selain sebagai pelabuhan penghubung antara kota-kota di provinsi NTT .Kota ini juga titik penting untuk menghubungkan penduduk NTT dengan Makasar yang merupakan kota terbesar di indonesia timur dan mempunyai jalur perhubungan laut ke kota-kota  yang berada di pulau Sulawesi,Kalimantan , Maluku dan Papua.

senja di larantuka

Saya sedikit mendapat kejutan ketika menuju kota ini.Bagaimana tidak,selama perjalanan dari Maumere ke Larantuka saya di gempur oleh pemandangan-pemandangan indah dan membuat saya terkagum-kagum mulai dari gunung egon yang mengeluarkan asap,hutan dengan jalan yang berkelok-kelok dan puncaknya adalah pulau – pulau yang seperti bermunculan dari laut yang berwarna biru.Satu kesalahan saya adalah saya duduk tidak disamping jendela jadi saya hanya ternganga-nganga tanpa bisa mengabadikan gambar.sumpah keren banget,bener deh saya gak lebay.Ini adalah salah satu perjalanan darat yang pemandangannya keren dalam karir per-travelingan saya (apa coba).

Jumat, 08 Juni 2012

Dihantam Ombak

Traveling di indonesia memang tidak afdol kalau kita tidak menyambangi pantai dan pulaunya yang indah-indah .Menyeberang menuju pulau-pulau  indonesia memang menyenangkan,dengan catatan alam sedang bersahabat, tidak ada angin kencang ,badai dan ombak yang biasa biasa saja.Tapi kalau cuaca sedang tidak baik jangankan menikmati perjalanan,dudukpun sulit sekali sering bergeser karena kapal dihantam ombak.Dan lebih baik kita membatalkan perjalanan itu.Nggak ada tawar menawar lagi.Alam nggak bisa diajak kompromi bukan?

Menyebrang dari daratan lombok ke gili trawangan sempat membuat saya was was,masalahnya kapal yang saya tumpangi sempat berguncang hebat sampai air masuk kedalam  kapal walaupun akhirnya  sampai selamat di tujuan dan terobati dengan pantai jernih kebiru-biruan.Itu belum seberapa,ketika saya dan beberapa orang teman sedang trip ke krakatau kejadian terulang lagi. Karena kami ingin melihat krakatau yang sedang batuk otomatis perjalanan dilakukan pada malam hari, perjalanan pergi tidak masalah namun pas pulang kapal oleng dihantam gelombang bersamaan dengan hujan  dan serangan butir butir pasir dari abu gunung anak krakatau yang terkena wajah ditambah lagi dengan suara mesin kapal yang memekakan telinga dan tambah horor ketika mesin tersebut seketika mati dan kamipun terombang -ambing seperti main kora kora di dufan.




Senin, 21 Mei 2012

40 Jam Di kereta

Kereta api memang kendaraan yang paling merakyat dalam arti kata murah meriah apalagi yang kelas ekonomi.Kelas ini adalah kelas yang paling murah,karena menggunakan jalur rel yang sama dengan kelas lainnya maka kelas yang paling murah adalah kelas yang paling banyak mengalah,akibat sering memberi lewat kereta-kereta yang kelasnya lebih diatas maka perjalanan makin banyak makan waktu untuk selalu berhenti dan  biasanya selalu terlambat.

Stasiun Hualampong Bangkok Thailand

Kalau kereta ekonomi  Indonesia yang paling lama dan jauh perjalanannya adalah kereta api matarmaja jurusan Jakarta – Malang harga tiketnya cuma sekitar 50 ribuan dengan waktu tempuh di atas kertas selama 17 jam itupun kalau nggak terlambat,saya pernah sampai 20 jam malah ,pergi dari stasiun senen jam 2 siang sampai malang jam 10 pagi badan rasanya rontok,muka bego,jalan sempoyongan yang ada di kepala cuma  kasur dan bantal pokoknya pengen cepat-cepat ngelurusin badan  hehehehe.Bisa dibandingkan dengan kereta lintas negara Butterworth Malaysia ke Bangkok Thailand sama-sama menempuh waktu 20 jam tapi keluar dari kereta badan kembali fit karena keretanya nyaman dengan kursi yang kalau malam bisa berubah menjadi tempat tidur,  bebas pedagang asongan dan pengamen.

Minggu, 13 Mei 2012

KFC dan Resto Ayam Goreng Asia

Siapa sih yang gak kenal restoran fast food Kentucky Fried Chicken?.Restoran ini didirikan oleh col harland sanders yang bermarkas di Lousenville Kentucky Amerika Serikat pada tahun 1939.Didirikan oleh beliau awalnya di sebuah pom bensin miliknya kemudian di sebuah motel .Sempat tutup Tahun 1940 karena jalan tol interstate melalui kotanya (gila... thn 1940 amrik udah punya jalan tol) .Sejarah lengkap KFC bisa dilihat di sini

KFC logo
logo KFC

Minggu, 06 Mei 2012

Dipanggil Mister Di Desa Pero

Desa pero terletak di tepi samudra hindia kabupaten sumba barat daya nusa tenggara timur,desa ini adalah desa nelayan dengan mayoritas penduduk muslim yang berasal dari ende flores.Saya tertarik ke desa ini karena membaca sebuah blog yang menggambarkan keadaan desa yang unik penduduknya muslim tapi berada di antara desa desa adat beragama merapu.Dan tentunya mempunyai pemandangan yang cantik ciri khas desa nelayan.
Pantai pero

Saya tiba sore hari di desa pero dan menginap di penginapan satu-satunya di desa ini yaitu homestay bapak mega .Setelah istirahat sebentar langsung saya pergi ke pantai ,rencananya saya mau menikmati sunset.Dipinggir pantai banyak para nelayan yang akan melaut ,saya mencari pantai yang kosong untuk sejenak menceburkan diri dan benar tidak jauh dari para nelayan beraktifitas ada pantai yang bisa buat berenang.Saya melihat ada beberapa orang yang berenang rupanya mereka sebuah keluarga berasal dari desa kodi dan katanya kalau bukan hari libur pantai ini benar benar sepi.Setelah mereka pergi saya tinggal sendirian serasa pantai milik pribadi *guling-gulingan di pasir*



Senin, 30 April 2012

Gengsi Rupiah Di Negeri Tirai Bambu


Sebagaimana kita ketahui Indonesia merupakan negara no 2 yang mempunyai uang pecahan terbesar di dunia yaitu 100 ribu rupiah setelah Vietnam.Kadang- kadang juga banyak berfikir bahwa dengan semakin besar nilai pecahannya gengsinya semakin berkurang.1 juta rupiah kita memerlukan 10 lembar ratusan ribu atau 20 lembar 50 ribu coba bandingkan dengan dollar yang punya pecahan 100 dolar seharga hampir satu juta rupiah,simple bukan nggak menuh- menuhin dompet.Salah dua negara yang mempunyai nilai nominal uang yang hampir mirip dengan Indonesia adalah Iran dan Laos.

Mata uang Laos yang nominalnya mirip dengan Indonesia

Kamis, 19 April 2012

Tertipu di Sule Paya


Di papan pengumuman hostel yang saya inapi di yangon sudah diperingatkan bahwa jangan sampai menukar dolar dgn kyat(mata uang myanmar) di depan sule paya karena semuanya penipu walaupun diiming imingi rate yang cukup tinggi niscaya kamu akan tertipu..Begitulah semua hotel memperingati para tamunya.Oh ya sule paya adalah bangunan tempat ibadah yang terletak di downtown kota yangon, dan di sekitarnya banyak terdapat penginapan murah.

sule paya di kejauhan

Hari pertama sih saya menukar dolar dengan kyatt di hostel  karena ratenya sangat jelek,saya hanya menukar beberapa dolar  dan sisanya akan saya tukarkan di market saja keesokan harinya.Pasar itu namanya bogyoke ini adalah pasar yang menjual berbagai kebutuhan dan juga souvenir khas myanmar dan terkenal dengan money changer tidak resmi di yangon dengan rate yang cukup baik.ingat ... tidak ada money changer dan atm di myanmar.Biasanya orang-orang yang menawarkan jasanya hanya menghampiri orang yang sedang berada di pasar tersebut sambil berkata ”money changer” dengan membawa uang kyatt  ditangan,kantong kresek beserta kalkulatornya .

Sabtu, 07 April 2012

Makasar untuk kuliner


 Cuma punya waktu transit 2 hari di makasar ,saya manfaatkan sebaik-baiknya kali ini  tidak ingin mengunjungi beberapa objek wisata di sulsel karena waktu yang mepet,maka waktu yang sempit ini saya gunakan untuk kuliner.yah makan, makan dan makan setelah beberapa minggu sebelumnya  saya keliling sumba flores tidak menemui makanan khas yang ada hanyalah soto ayam ,bakso,nasi goreng .Maka ketika saya tiba di kota ini langsung kepikiran mau memanjakan lidah dengan kuliner-kuliner dahsyatnya .Makasar gitu loh salah satu kota yang kulinernya  ” cuma” mempunyai 2 macam rasa ENAK dan ENAK BANGET.

Begitu browsing diinternet dengan kata kunci “makanan enak makasar” maka keluarlah sederet bahkan dua deret makanan khas makasar yang enak-enak      sayangnya letak restorannya tidak berdekatan jadi saya hanya mencari restoran-estoran yang dekat dengan penginapan saja karena kota makasar itu lumayan besar . Kalau cuma berpatokan peta dan jalan kaki lumayan gempor,mau naik angkot kok males yah jalannya banyak yang satu arah.Maka setelah istirahat saya langsung bergerilya jalan kaki menuju tempat-tempat makan yang terkenal akan kelezatan kulinernya.

Senin, 02 April 2012

Mengejar Kanchenjunga



Salah satu alasan saya mengunjungi darjeeling adalah untuk memandang kanchenjunga gunung tertinggi ke tiga dunia setelah mount everest(nepal,china) dan k2(pakistan).Kalau indonesia mempunyai slogan dari sabang sampai merauke berjajar pulau pulau nah kalo india punya from kanyakumari to kanchenjunga india is one.Mumpung ada di india saya ingin mengunjunginya supaya rasa penasaran saya terpuaskan..,halah.

kota tua darjeeling


Darjeeling adalah kota pegunungan yang merupakan salah satu spot yang lumayan dekat dengan gunung kancenjunga.Untuk mencapainya harus melalui jalan yang berlikaliku sekitar 3 jam menggunakan jeep atau 4 jam menggunakan bus dari siliguri.Dari kota inilah gunung kanchengjunga bisa terlihat ,biasanya orang2 ke kota ini saat musim panas tiba karena cuaca di sini sangat sejuk bahkan malah bisa sangat dingin.

Kamis, 22 Maret 2012

Mampir di acara pemakaman adat merapu


Setelah saya mengunjungi desa nelayan pero dan bermalam di waitabula,rencananya saya ingin melanjutkan perjalanan ke waikabubak.Padahal hari itu ada seorang wartawan yang menginap di samping kamar losmen yang menawarkan pergi ke pantai menangaba dengan motornya, sekalian katanya karena dia akan pergi ke daerah situ juga.Sebenarnya saya tertarik sih tapi sudah ditunggu-tunggu cukup lama nggak nongol juga ,akhirnya saya mengurungkan niat dan berlanjut ke waikabubak.Sayapun naik minibus dari depan losmen anggrek .Perjalanan waitabula –waikabubak berdurasi sekitar 1 jam lamanya dengan kondisi jalan yang mulus.

Baru setengah perjalanan dan ketika saya sedang menikmati pemandangan batu kubur khas sumba di kanan kiri.saya mendengar ada bunyi-bunyian seperti gamelan dan juga melihat ada iring iringan orang berpakaian adat membawa hewan kerbau yang dihias kain berwarna merah.Setelah saya bertanya kepada kenek minibus dan ia bilang ada upacara pemakaman sayapun minta turun .Saya turun tepatnya di kecamatan wejewa timur ,rupanya saya sudah terlewat jauh dari tempat acara .Dengan ransel segede gaban saya berjalan tergopoh-gopoh menuju tempat acara dan sayapun kemudian menyelinap dan berada diantara para tetamu yang menghadiri upacara adat pemakaman ini.Sambil celangak celinguk tentunya hehehe

Selasa, 31 Januari 2012

Bongkar pasang Itinerary NTT


Menurut saya propinsi ntt (nusa tenggara timur) adalah daerah tujuan traveling terlengkap di indonesia di sana ada gunung berapi,pantai yg indah,terumbu karang yg cihuy ,pemandangan yg unik dan beragam budaya .Sebut saja pulau komodo yg mendunia,kelimutu yg kesohor,alam bawah laut alor,desa2 tradisional belum lagi puluhan pantai2 eksotik dan padang savana sumba.propinsi ini terbagi dalam 3 pulau besar yaitu timor,flores dan sumba selebihnya pulau2 kecil yg tersebar.makanya saya kepingin sekali menjelajah propinsi ini yg katanya baru habis terjelajahi selama 3 bulan.tuh kan indonesia itu gede yah


perabotan lenong saya utk trip panjang

Cuti kemarin(desember 2011) saya baru saja mengunjungi ntt selama 17 hari(termasuk ntb dan makasar) jadi total Cuma 13 harian itupun tidak semua terjelajahi hanya sumba dan sebagian flores aja.sebelum berangkat saya memprioritaskan pulau sumba ,timor dan sebagian flores.komodo tidak masuk prioritas karena saya jalan sendiri dan perlu biaya untuk charter kapal. untuk cari teman sharing di labuan bajo masih 50-50 ,ikut sailing trip dari lombok males ah.pikir saya semakin populer komodo semakin mudah menjangkaunya dan semakin murah di kemudian hari dan mudah2an alamnya masih alami lagipula ke pulau ini enakan bareng teman2 ,rame :p.