Senin, 30 April 2012

Gengsi Rupiah Di Negeri Tirai Bambu


Sebagaimana kita ketahui Indonesia merupakan negara no 2 yang mempunyai uang pecahan terbesar di dunia yaitu 100 ribu rupiah setelah Vietnam.Kadang- kadang juga banyak berfikir bahwa dengan semakin besar nilai pecahannya gengsinya semakin berkurang.1 juta rupiah kita memerlukan 10 lembar ratusan ribu atau 20 lembar 50 ribu coba bandingkan dengan dollar yang punya pecahan 100 dolar seharga hampir satu juta rupiah,simple bukan nggak menuh- menuhin dompet.Salah dua negara yang mempunyai nilai nominal uang yang hampir mirip dengan Indonesia adalah Iran dan Laos.

Mata uang Laos yang nominalnya mirip dengan Indonesia

Kalau saya traveling ke luar negeri ,saya selalu membawa rupiah yang nilainya kecil seperti 1000,2000 atau koin 500 dan 1000.Biasanya suka saya berikan untuk orang-orang yang telah menolong saya atau sekedar souvenir terutama bagi orang yang mengenal Indonesia terlebih lebih yang memuji -muji Indonesia :p.Karena pecahan yang begitu besar (baca : nol nya banyak) kadang- kadang yang menerima uang kecil rupiah ini sempat terkaget kaget bahkan ada yang pernah menolak karena menurutnya uangnya terlalu banyak.

Sudah hampir musnah

Contohnya  ketika saya habis ditolong oleh penduduk lokal china ,karena telah memberikan 2 tempat duduk dikereta .Sebagai ucapan terima kasih saya ingin memberikan uang 1000 rupiah sebagai souvenir tapi nggak nyangka orang tersebut  menolak mentah-mentah,sepertinya ia bilang gak perlu repot-repot dalam bahasa mandarin (sok tau banget yah gue hehe),sambil menggeleng dan menggerakan tangannya tanda nggak mau.Setelah saya taruh uang  diatas meja ,orang tersebut menunjuk banyaknya nol yang ada diuang tersebut sambil menghitung jumlah nolnya.ha ha ha benarkan tebakan saya.Mungkin dikiranya 1000 rupiah sama dengan 1000 yuan yang artinya 140 ribu rupiah.

salah seorang pedagang  memarken souvenir yang saya kasih hehehe
Pada saat saya sedang makan lamian di warung makan muslim di kota xian,mengetahui bahwa saya dan seorang teman saya orang asing (wajah teman saya ini melayu banget,kulitnya sawo matang ),Tiba-tiba datang seorang anak kecil ,anak  siempunya restoran menunjukan beberapa mata uang asing ada ringgit ,sgd dll sambil ngomong bahasa mandarin yang kami tidak mengerti.Oalah taunya dia meminta souvenir berupa uang receh indonesia ,setelah di translate orang tuanya baru kami mengerti.Lalu saya berikan 1000 rupiah kertas dan logam 500 rupiah dan diapun kegirangan,imbalannya kamipun makan gratis tis.

Masih di china ketika saya menaiki kereta ekonomi taiyuan- beijing,kami adalah satu-satunya turis asing karena wajah teman saya tadi yang sangat kentara bahwa dia adalah orang asing sedangkan saya berwajah mirip kechinchinaan.Makanya kami dikenali sebagai orang asing dan kemudian penumpang yang duduk dihadapan  kami dengan bahasa mandarin lagi-lagi minta tukaran uang receh yuan mereka dengan rupiah.Dan kamipun setuju beberapa orang yang di sebelahnya pun ribut mau tukar uang juga,suasana pun berubah banyak orang yang berebutan mau tukar uang.Mau tahu berapa? .Uang 1000 an kami dihargai 10 yuan aja yang berarti 14000 rupiah sayangnya persediaan uang kami tinggal sedikit jadi gagal deh jadi jutawan dadakan hehehehe.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar