Kamis, 19 April 2012

Tertipu di Sule Paya


Di papan pengumuman hostel yang saya inapi di Yangon sudah diperingatkan bahwa jangan sampai menukar dolar dengan kyat (mata uang Myanmar) di depan sule paya karena semuanya penipu walaupun diiming imingi rate yang cukup tinggi niscaya kamu akan tertipu..Begitulah semua hotel memperingati para tamunya.Oh ya sule paya adalah bangunan tempat ibadah yang terletak di downtown kota yangon, dan di sekitarnya banyak terdapat penginapan murah.

sule paya di kejauhan

Hari pertama sih saya menukar dolar dengan kyatt di hostel  karena ratenya sangat jelek,saya hanya menukar beberapa dolar  dan sisanya akan saya tukarkan di market saja keesokan harinya.Pasar itu namanya bogyoke ini adalah pasar yang menjual berbagai kebutuhan dan juga souvenir khas myanmar dan terkenal dengan money changer tidak resmi di yangon dengan rate yang cukup baik.ingat ... tidak ada money changer dan atm di myanmar.Biasanya orang-orang yang menawarkan jasanya hanya menghampiri orang yang sedang berada di pasar tersebut sambil berkata ”money changer” dengan membawa uang kyatt  ditangan,kantong kresek beserta kalkulatornya .

suasana di dalam pasar bogyoke ,biasanya banyak money changer berjalan

Besoknya saya pindah ke hostel yang lebih murah dan lebih dekat dengan sulepaya,sebenarnya rate yg ditawarkan pemilik hostel yang sekarang lebih bagus dari yang sebelumnya,cuma karena mau yang lebih bagus pagi itu saya langsung pergi ke bogyoke market berjalan kaki. Dengan semangat 45,sesampainya di sana saya melongo pasarnya sepi sekali toko- toko semuanya tutup karena hari itu adalah tgl 25 desember alias hari natal

Saya balik ke hostel dengan maksud menukarkan uang dolar saya untuk jalan jalan dan makan,setelah melewati sulepaya saya iseng iseng bertanya pada kepada si money changer berjalan ini ,berapa rate utk 1 dolar usd.Akhirnya saya tertarik juga untuk menukar uang.Saya memilih seorang anak remaja tetapi ketika saya tawar-tawaran harga banyak orang lain yang mendekati kami berdua.Saya coba menukar 20 usd dan menawar setinggi tingginya,sianak remaja inipun dibantu beberapa orang kawannya ya.Akhirnya kesepakatan terjadi 1 usd =870 kyatt,kalau dihostel 820 kyatt untuk pecahan dolar kecil.

Dengan cepat sianak ini menghitung uangnya sayapun memperhatikannya dengan teliti,kalau kalau dia berbuat curang seperti yang sering di bicarakan di forum forum traveling maupun di dinding hostel.Oke mereka memperlihatkan uang yang dihitung kepada saya sejumlah kesepakatan .Pecahannya 1000 kyat dan 500 kyatt,fyi pecahan terbesar mata uang myanmar adalah 5000 kyatt setara dengan hampir 60 ribu rupiah tapi jarang terlihat ,kalau kita tukar 100 usd dapatnya bisa segepok uang 1000 kyatt sama seperti ketika kita tukar uang 1 juta rupiah dengan 100 lembar uang sepuluh ribuan.

area sule paya yang banyak money changer penipu di depan gereja

Saya yakin sekali bahwa uang yang saya terima senilai 870 X 20,itupun saya menghitung sendiri dan juga dihitung oleh kawan kawannya.Kemudian saya kembali menuju penginapan yang tak jauh dari pagoda ini,sambil berjalan dan menghitung ulang kembali.Dan benar saja uang yang saya pegang kurang 5000 kyatt ,nggak tau kemana uang tersebut, lagi lagi saya yakin sekali bahwa uang yang saya tukar itu pas sekali jumlahnya karena mereka menghitung di depan mata .Sayapun mengutuk diri sendiri betapa bodohnya saya telah tertipu,karena menginginkan jumlah uang yang besar .Konon katanya si money changer berjalan yang berkeliaran di sekitar sulepaya menggunakan ilmu hitam/magic atau menggunakan kecepatan tangan atau apalah utk mengelabui mangsanya .Ahhh kejadian saat itu membuat mood saya menjadi jelek hari itu.







1 komentar: