Selasa, 27 Mei 2014

Uniknya Bandaranaike Airport

Saya suka banget memperhatikan bandara,baik bandara yang sederhana sampai yang wah.Bagi saya bandara yang sederhana atau kecil belum tentu bikin kita be-te sebaliknya bandara yang megah belum tentu juga kita merasa nyaman.Seperti kita ketahui negara-negara asia berlomba-lomba membuat bandara yang megah .Berdasarkan survey dari beberapa pihak , bandara –bandara asia termasuk dalam  bandara yang paling oke sedunia dan  selalu masuk top 10 seperti changi singapore,KLIA,Incheon dan masih banyak lagi  dan juga asia  punya bandara  yang buruk seperti NAIA  Manila dan hhmmm …SHIA  jakarta  #sedih



Welcome to Bandaranaike

 
Saya nggak mau ngebahas bandara terbaik dan terburuk  tapi  mau ngomongin  bandara yang membuat saya sedikit tersenyum ,heran dan berkata wow….wah…..kok gitu? hehehe
Dan  bandara unik yang menjadi sorotan saya adalah Bandaranaike International Airport Srilanka.Dari namanya aja udah mencerminkan bandara banget dalam bahasa indonesia yaitu Bandaranaike (bukan bandara naike ya ,tapi cara penulisannya disambung) #dibahas. #abaikan.Bangunan bandaranya sih biasa saja  konsepnya  modern,bersih  dan rapi .


Didalam bandara
Biasanya bandara punya stasiun kereta,metro ataupun airport bus ..ahh itu sih udah biasa.Walaupun letaknya di luar ibukota negara  sama seperti SHIA tapi bandara ini dekat dengan  terminal bus , terminal  katunayake namanya.Ngesot dikit udah sampe terminal,dan juga ada stasiun kereta yang ekonomi yang menghubungkan bandara dengan beberapa kota di selatan maupun utara kota Colombo.Pokoknya bandara ini backpacker friendly banget deh.

Departure card
Turun dari pesawat dan menuju imigrasi saya melewati beberapa toko –toko  duty free.Kalau di bandara-bandara lain barang-barang yang dijual biasanya yang kecil-kecil dan bisa ditenteng  seperti minuman ataupun parfum tapi tidak di bandara ini.Disini barang yang dijual adalah  barang-barang kebutuhan rumah tangga yang besar-besar kulkas ,mesin cuci ,televisi dan barang elektronik lainnya saya sempat kaget ,saya merasa ada didalam carefour atau electronic city.
Diloket Imigrasi setelah paspor diperiksa dan distempel,petugas imigrasi dengan ramah memberikan sebuah paket sim card dan mengucapkan welcome to Srilanka.Paketnya sendiri berisikan simcard salah satu provider edisi turis yang bisa kita gunakan selama traveling di Srilanka ,peta wisata dan juga beberapa lembar voucher diskon di toko-toko tertentu,diskonnyapun lumayan.

Sim card paket turis
Sayangnya saya mengetahuinya setelah akan meninggalkan Srilanka ,iseng-iseng saya coba minta potongan harga di salah satu toko di dalam bandara  dan alhasil sudah ketebak sama saya ..DITOLAK MENTAH-MENTAH saudara-saudara hehehe padahal di situ nggak ada ketentuannya sih.Toko-toko atau restoran Bandara memang sebuah tempat yang mengharamkan voucher ataupun diskon apalagi kalau makan udah nggak pernah promo porsinya sedikit pula #curcol
Ketika mau masuk ke gedung keberangkatan,saya melihat  ada papan penunjuk bertuliskan PUBLIC VIEWING GALLERY .Saya mikirnya sebuah tempat seperti museum-museum gitu yang mempertontonkan (mungkin) sejarah Srilanka ataupun mengenai bandaranya itu sendiri.Ternyata ini adalah sebuah area terbuka untuk melihat take-off dan landingnya pesawat yang dikomersilkan.

Pintu masuk Public Viewing Gallery

Nontonin pesawat

Biaya masuk Cuma 20 rs (sekitar 2000 rupiah).Sepertinya ini ditujukan untuk orang-orang lokal ,banyak  masyarakat sekitar yang mengunjungi tempat ini .Buat nongkrong-nongkrong juga oke,karena tersedia kantin yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang harganya jauh lebih murah daripada di dalam bandara itu sendiri .Makan , minum atau ngobrol-ngobrol sambil liat pesawat landing dan take –off ,kerenkan?
Santai-santai
Kantin

Satu lagi yang menggelitik saya ,biasanya kita yang tidak mempunyai tiket pesawat dilarang masuk ke area keberangkatan tapi dengan membeli tiket masuk seharga 300 rs kita boleh masuk ke dalamnya mungkin ini ditujukan kepada orang yang akan mengantar kerabatnya yang akan terbang .Suatu peraturan yang agak aneh menurut saya.Ada yang lebih unik dari bandara ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar