Jumat, 04 Desember 2015

"Halal" Road in Ho Chi Minh City


Tantangan bagi traveler muslim adalah ketika mencari makanan halal apabila berada di suatu Negara yang mayoritas penduduknya beragama non muslim.Vietnam adalah salah satu Negara yang bisa dibilang sulit mencari makanan halal.Nemu makanan halal di Vietnam ibarat mencari micro sd card didalam tumpukan jerami.Gampang gampang susah

Rata-rata makanan Vietnam mengandung babi entah dagingnya disuir-suir ,dipotong-potong  ataupun Cuma pake minyaknya aja ,katanya sih bisa melezatkan makanan.Bukannya mengandung babi lagi sih,lah wong sebabi -babinya pun suka dipajang didepan etalase.Walaupun kita pesennya no pork ataupun makan di restoran vegetarian belum jaminan tuh yang kita makan halal.Kalau saya sih sebisa mungkin cari yang halal dulu kalau nggak ada cari aja resto atau warung makan yang nggak jual babi dan yakin aja kalau yang kita makan halal atau selama traveling nggak usah makan daging-dagingan dulu jadi vegetarian sementara nggak susah kok.

Toko-toko dan resto bernuansa islami


 Nah ,Ketika saya traveling ke ho chi minh city saya menemukan sebuah jalan yang isinya dari ujung ke ujung warung makan halal semua ,tadinya sih saya nggak tahu ini jalan apa.Ketika saya melalui sebuah toko ada yang menyapa saya

“Minum kopi, bang”

Tengak tengok ternyata ada beberapa orang laki-laki lagi nongkrong-nongkrong didepan sebuah toko.Wajahnya Vietnam tapi memakai baju koko dan kopiah putih .Saya senyum aja sambil mengucap terima kasih.Makin mendekati bent than makin banyak toko dan restoran bernuansa islam

Nama jalannya Nguyễn An Ninh ,letaknya ada di sebelah kanan ben tanh market .Jadi kalau kalian menuju ben tanh market dari pham ngu lao (backpacker area Ho chi minh city),jalan ini ada di samping kiri satu blok dari taman ,masih bingung? Buka google map deh hehehe







Menyusuri jalan ini sama seperti kita berjalan jalan di lorong-lorong kuala lumpur.Bahasa melayu lazim dipakai disini begitu pula dengan ringgit.Konon kata orang Malaysia yang saya temui ,kota yang menjadi tempat favorit orang-orang Malaysia belanja adalah Bandung dan Ho chi minh city.

Di ujung jalan ada Pengurup wang berlesen atau money changer,masuk kedalam lagi banyak toko-toko baju perlengkapan muslim,hotel syariah maupun restoran halal.Nggak afdol kalo nggak nyicipin makanan halal disini,secara cari makanan halal susah jadinya saya sekalian aja makan di sini 


Memang harganya lumayan mahal untuk kantong budget traveler.Salah satu restoran yang paling hitz yang terkenal  adalah restoran kampung melayu ,ketika saya makan disana kursi  penuh terisi dan emang sih makanannya enak mulai dari pho halal,mie goreng ,es kopi sampe teh tarik,tapi harganya nggak nahan seporsi pho harganya 79000 vnd belum minumnya,siapin budget lebih aja.Saya juga cicip restoran yang ada di seberangnya yaitu hj Basiroh harganya lebih murah cuma nggak seenak kampung melayu 



So,yang mau ke Ho chi minh city dan masih bingung mau makan halal dimana silahkan datang ke Jalan ini



4 komentar:

  1. Betul banget mencari makanan halal di Vietnam itu memang sulit. Saya pas ke sana banyakan makan roti isi tuna biar terjamin halalnya hahahaha.

    Ini dekat dari Ben Tanh yah mas tempatnya

    BalasHapus
  2. iya dekat banget ,Ben tanh nya udah keliahtan di ujung jalan

    BalasHapus
  3. nice... bagus ni buat referensi :)

    BalasHapus