Senin, 07 Desember 2015

Modus Basi indochina Scam

Duh,ngomongin scam lagi nih!.

Paling males memang ke Negara yang sering menjebak para turis.Biasanya sih penduduk lokalnya yang sering melakukan hal tersebut tapi pengalaman saya beda lagi.Justru orang asinglah yang melakukan scam itu dan kami nyaris kena.

Bukannya bermaksud menyudutkan etnis tertentu,jadi begini ceritanya:

silahkan gelar tikar dan siapin cemilan


Kebetulan saya traveling ke Ho chi minh city ,Vietnam bertiga dengan teman saya laki-laki dan perempuan yang memakai hijab.Tahu sendiri kan, perempuan yang memakai hijab yang sering traveling berwajah asia kalau nggak dari Indonesia ,yah Malaysia gampang bangetlah untuk dikenali.Orang Vietnam sendiri pun kalau melihat teman saya yang satu ini langsung menyapa dengan “Malaysia ?“ atau “Indonesia?

Nah,ceritanya kami lagi jalan kaki santai menuju bent tanh market dari pham ngu lao ,area backpacker nya Ho chi minh city melalui sebuah taman yang ramai.Lagi asyik-asyiknya jalan sambil menikmati suasana taman yang ramai oleh orang-orang local yang sedang berolahraga,tiba-tiba 2 orang laki-laki dan perempuan berwajah timur tengah mendatangi kami.Mereka memakai kaos dan celana jeans
Kami berhenti sejenak,dengan ramahnya mereka menyapa kami dan tersenyum.


Taman dekat pham ngu lao




"Heeeiii..hellooo,Dari Malaysia?"

"Bukan! Jawab kami"

"Indonesia"

"Oh..Indonesia…Jakarta?"

"ho oh"

Mulailah mereka basa basi…..

"Perkenalkan kami dari Dubai dan kami muslim !"

"Oh..oke"

"Negaramu indah sekali.Saya pernah ke Jakarta,Bali .Orangnya ramah-ramah,makanannya enak-enak" puji mereka
"Oh..iya dari Jakarta ke Bali berapa lama yah?"

"2 jam lah pake pesawat" (mikiiir…lah kan udah pernah kesana?)


Entah kenapa perasaan saya udah nggak enak dan males ngeladenin.

"Saya kangen sekali Indonesia".

Ya udah tinggal beli tiket aja gih ,jawab saya nyinyir tapi dalem hati
Tapi yang terucap :"Oh ..silahkan datang kembali"  kata saya

"Mata uang nya rupiah kan ,yah?"
"Boleh nggak saya lihat uang rupiah kamu,saya kangen sekali!"

Lah ,ini kangen kok sama mata uang bukannya sama pantai,makanan atau alamnya.Nggak beres ah!

Teman saya hampir aja mau ngeluarin dompet dan saya cegah.Rupanya mereka ngeh kalau saya mencegah teman saya untuk ngeluarin rupiah dari dompetnya.Raut wajah mereka seketika berubah terutama yang laki-laki tampaknya dia kesal karena nggak berhasil ngeliat rupiah.

"Kamu nggak percaya sama kami,kenapa kamu menganggap saya orang jahat!" Si laki-laki arab itu nyerocos nggak karuan

"Saya dari Dubai,Saya muslim!"

Lah trus kenapa? emang semua orang dari Dubai itu baik dan ngga ada bajingan?lebay.. ah.
Ahhh…model beginian sih, basi!
Kemudian mereka berlalu,mungkin mencari hijabers-hijabers yang lain

Kenapa saya yakin banget kalau ini scam?
Sebelum saya traveling ke Vietnam ini,saya pernah membaca postingan di group –group backpacker bahwa salah satu scam yang beredar di Negara-negara Indochina (kejadiannya di Thailand)yang dilakukan oleh orang-orang yang berwajah timur tengah ,yah... yang kayak begini deh.

Korbannya adalah muslim Indonesia atau Malaysia,biasanya kan orang Indonesia itu luluh yah kalau negaranya dipuji-puji apalagi sesama muslim sampai akhirnya kitanya yang terbuai dan menuruti kemauan mereka mengeluarkan dompet dengan dalih mau lihat rupiah yang pada akhirnya uang kita  banyak yang hilang.Serius ini pernah saya baca kok !

Hati-hati ya ,teman -teman !




2 komentar:

  1. emang yaa,, kalo entah dimana ketemu orang trus tiba2 dengan dalih apapun minta kita keluarin dompet perlu dicurigai. Intinya tetep waspada

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo diminta keluarin dompet hampir dipastikan mereka akan "ngerampok" ,hati hati aja

      Hapus