Kamis, 31 Maret 2016

Terbang Dengan Siberian Airlines Tanpa Visa Transit Rusia


Akhirnya saya membeli tiket Siberian airlines seperti yang saya tulis pada postingan sebelumnya.Tiket ini saya pilih karena memang harganya yang paling  murah sekitar 150 usd  nggak apa-apa deh transit selama 9 jam,saya nggak buru-buru juga.Pesawat ini terbang dari Urumqi menuju Novosibirsk (Rusia) terlebih dahulu dan transit 9 jam sebelum terbang ke Bishkek,Kyrgyzstan.

Terbang ke Rusia

Kenapa saya berani membeli tiket ini padahal menurut info yang saya peroleh transit di Rusia tanpa visa hanya diperbolehkan di bandara-bandara kota besar seperti Moscow,St Petersburg dll dan Novosibirsk nggak termasuk didalamnya.Jadi begini ,masih ingat kan di postingan sebelumnya bahwa saya bertemu traveler Indonesia,nah beliau ini sudah memegang tiket yang sama persis dengan saya jadwalnya seminggu sebelumnya.awalnya sih saya kaget kok berani-beraninya beli tiket tapi beliau ini sudah nanya sama travel agent yang jual tiket tersebut katanya sih nggak apa-apa tanpa transit visa.waduh saya belum berani eksekusi tuh membeli tiket yang sama walaupun harganya murah.Masih deg-degan .Rusia gitu ,loh.



Sampai akhirnya saya dapat kabar gembira dari beliau yang sudah sampai di Bishkek ternyata perjalanannya mulus..lus tanpa rintangan apa-apa,baiklah tanpa pikir panjang langsung saya eksekusi tuh tiket via online harganya pun lebih murah daripada temen saya itu.
Tiba di bandara Urumqi saya lihat antrian Siberian airlines nggak begitu panjang tapi sebelum menuju ke konter check-in ada petugas yang mengecek visa Rusia para penumpang di ujung antrian sebelum melangkah ke konter check in.Petugasnya membawa secarik kertas berisi nama-nama penumpang mencocokan nama dan kewarganegaraan beserta visa Rusianya.Agak jiper juga saya ketika berhadapan dengan petugasnya ,saya langsung tunjukan tiket saya yang menuju Bishkek tanpa basa basi langsung saya disuruh ke konter check-in .fiuuhhh lega part 1

 Siberian airlines bukan pesawat premium maupun pesawat budget,nggak ada inflight entertainment tapi dapat meals dan bagasi mungkin ada ditengah-tengah kali ya ,mirip dengan airasia lah.Suasana kerusia-rusiaan sudah tercium walaupun banyak penumpang warga Negara china,agak kaget juga makanan yang dikasih adalah kebab sama kopi susu,kirain sih vodka hehehe.Dan baru tahu juga nih kalo pesawat mendarat penumpang-penumpang Rusia selalu bertepuk tangan walaupun mendaratnya nggak mulus-mulus amat tapi acung jempol buat orang-orang rusia dalam hal ini ,mengapresiasi pekerjaan sang pilot.

Kebab ayam dan kopi susu

Bangunan kotak-kotak dan kuningnya dedaunan menyambut saya di bandara Novosibirsk ,bandaranya nggak terlalu besar ,imigrasinya hanya berjarak kira –kira 10 meter dari pintu masuk.Sebelum imigrasi ada ibu-ibu tua yang dandanannya pol banget ,kedua tangannya memegang  kertas berisi nama-nama penumpang didepan dadanya.Nama saya tertera didalamnya ,Cuma ada tiga penumpang transit kala itu saya ,WN china dan WN Kyrgyzstan

Kota Novosibirsk dari atas



Novosibirsk airport

Seorang petugas bandara mendatangi kami ,tadinya kami bertiga tapi karena WN Kyrgyzstan nggak memerlukan visa untuk masuk ke Rusia jadinya dia dipersilahkan melewati imigrasi dan bisa jalan-jalan keluar bandara .Sedangkan kami berdua harus mengikuti petugas tersebut ,pintu darurat di buka kami menaiki tangga satu persatu , tiba di sebuah ruangan kami dipersilahkan masuk ternyata ruangan boarding .Petugas kembali mengunci pintu darurat ,kami seperti dimasukan ke sel penjara hahaha

Ruangan Boarding


Ruangan boarding di bandara ini nggak begitu besar cuma ada satu toko duty free dan satu cafe.Pada awalnya saya sih seneng aja ngeliatin para penumpang yang  lalu lalang yang akan terbang lama-lama jenuh juga apalagi setelah penumpang-penumpang itu naik pesawat nggak ada penumpang sama sekali,karena penerbangan selanjutnya masih kira-kira 3 jam lagi ,mau ngopi-ngopi di cafe nggak punya uang Rubel untungnya saya bawa persediaan makanan jadi nggak kelaperan.Mau ngobrol sama orang China pun nggak bisa karena kendala bahasa .Untungnya cewek Kyrgyzstan yang bernama arsya masuk ke ruangan boarding jadi saya bisa ngobrol pake bahasa inggris dan nyatanya memang dia guru bahasa inggris yang tinggal di China.

cafe satu-satunya


Petugas siberian airlines datang menghampiri memberikan boarding pass penerbangan selanjutnya.Agak aneh memang naik maskapai ini karena Boarding pass di berikan terpisah-pisah ,awalnya saya sempat bingung biasanya kan kalau membeli tiket pesawat langsung diberikan dua boarding pass sekaligus kali ini nggak .Saya sempet nanya sih sama petugas konter checkin di bandara Urumqi tapi kata dia cuma itu adanya boarding pass nya hanya tujuan Urumqi -Novosibirsk ya udahlah yang penting saya naik pesawat dulu begitu pikir saya.

Menunggu 9 jam bukan waktu yang sebentar ,walaupun ada teman ngobrol ya capek juga yah.Apalagi bandaranya nggak ada apa-apanya coba kalu seperti Changi ,meyenangkan sekali bukan?.Membunuh waktu saya lakukan dengan ngobrol,tidur aja,sampai akhirnya waktu yang ditunggu tiba,pesawat  take off jam 2 pagi dan akan landing sekitar jam 5 an.

Manas airport

Pesawat mendarat mulus di landasan bandara Manas bishkek tak lupa diiringi tepuk tangan para penumpang.Sambil menunggu pagi saya duduk di lantai atas bangunan bandara ,sedikit demi sedikit langit berubah menjadi terang dan gunung gemunung salju mulai terlihat menyembul menyambut kedatangan saya .Petualangan akan dimulai di kota yang dulu bernama Frunze ini.




7 komentar:

  1. Halo mas Erwin, terima kasih postingannya informatif sekali. Saya jd tertarik untuk ke Kyrgyzstan mengikuti jalur mas Erwin hehe. Ohya, saya ingin tanya apa mas keluar dr Kyrgyzstan lwt udara atau darat?

    BalasHapus
  2. keluar kyrgyzstan saya lewat darat mas via irkestam ke china.

    BalasHapus
  3. nanti juga akan saya tulis pengalaman saya crossing border cuma tunggu aja yah..kalau perlu info buru2 pm aja soalnya rada sedikit ribet crossing bordernya

    BalasHapus
  4. Oke mas, saya udah pm ya lewat email. Trm ksh :)

    BalasHapus
  5. maaf mas emailnya saya cek nggak ada
    coba kirim ulang ke erwinsy7192@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  6. Hi mas erwin.. thks sharingnya. Saya rencana akhir bulan april 2018 mau ke kyrgystan. Apakah punya pengalaman sewa mobil, nginap di yurt, horse riding di sana? Jika punya, mohon sharingnya ke email sherly.igarsia@gmail.com. Saya browsing sangat minim informasi kyrgystan. Sebelumnya terima kasih mas erwin..

    BalasHapus