Senin, 14 Agustus 2017

Melamar Visa Kyrgyzstan di Kuala Lumpur dan Dushanbe

Mumpung masih anget nih,pas lagi nulis postingan ini saya sedang berada di Kyrgyzstan lagi.Lho kok kesana lagi sih?.2 tahun lalu saya janji  mau balik lagi sih, karena negara ini indah banget jadinya kesampean deh hehehe.

Kyrgyzstan masih memberlakukan visa on arrival di Bandara Bishkek dan teteup nggak bisa VOA lewat border darat.Tapi saya masih kekeuh mau lewat darat ,gimana dong?.Kali ini saya mau ngasih tau bahwa melamar visa di negara ketiga itu bisa aja dilakukan ,secara negara ini nggak punya kedutaan di Jakarta ya kan!.Masing-masing kedutaan punya aturan sih ya,contohnya saya dan teman 2 tahun lalu melamar visa di dua kota china ditolak mentah-mentah.Bagaimana di kota lain?




Kuala Lumpur,Malaysia

Ini sih pengalaman travelmate saya yang baru apply bulan Juli kemarin,kebetulan beliau ada tugas ke KL jadinya sekalian bikin visa disana.Inget yah kejadian yang menimpa saya ketika melamar visa di KL dan ternyata konsulernya pulang kampung .Kali ini teman saya menyampaikan komplen saya ,sampai petugas visanya minta maaf hehe.Intinya bisa kok apply visa di sini dengan catatan konsulernya tidak sedang pulkam yah .Email aja dulu trus janjian deh,gampang kan?.Teman saya mendapatkan visanya  memakan waktu  2 hari kerja express seharga 300 rm Menurut teman saya sih persyaratannya bisa dikirim duluan, nanti sesampainya di KL bisa langsung di tempel deh tuh visa ,Untuk gimana cara dan teknisnya silahkan email-emailan aja ya cuy

Dushanbe ,Tajikistan

Kalau yang ini pengalaman pribadi ,Gampang banget mendapatkan visa disini .Sebenarnya proses visa disini memakan waktu 2-3 hari kerja.Awalnya saya menginginkan sehari jadi,mengingat saya akan menuju Khorog dari Dushanbe keesokan harinya dan perjalanan harus dilakukan pagi-pagi buta mustahil saya gedor-gedor pintu kedutaan yang jam operasionalnya dimulai pukul 9,karena kalau tidak berangkat pagi-pagi buta maka susah mendapatkan kendaraan lagi karena jalan yang rusak maka akan kemalaman dan itu berbahaya sekali..Lebih amannya harus menunggu keesokan harinya dan itu buang waktu.

Tapi setelah saya rayu rayu petugasnya bahwa saya akan pergi meninggalkan Dushanbe ke daerah pegunungan,petugasnya mulai luluh.Bahkan saya menawarkan additional charge apabila dikerjakan pada hari itu juga.Saya rada-rada takut juga pas dia bilang "what do you mean?' takutnya disangka nyogok,dasar petugasnya baik banget dia bilang "I will try"  and "come back at 5 oclock" Dan saya juga janjiin mau ngasih kopi indocafe.

Jam 5 sore saya datang kembali ke kedutaan dan langsung lemes pas satpamnya bilang petugasnya udah pulang,tukang kebunnya pun bilang begitu dengan bahasa Rusia.Keringat langsung bercucuran mengingat saya sudah beli tiket peswat ke khorog dan berangkat jam 7 pagi keesokan harinya(btw dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya naik pesawat)

Feeling saya sih petugas akan balik lagi,maka dari itu saya tunggu dia di pintu gerbang bareng 2 satpam kedutaan .Saya mencoba tenang padahal 2 satpam tersebut nakut-nakutin saya loh kalau nggak ada paspor bisa dipenjara 10 bulan ,saya ngerti dikit-dikit maksud mereka,sial!

Nah betul aja ,si petugas datang ,lega banget rasanya.Saya masuk ngintilin beliau ,selain saya ada orang kyrgyzstan yang akan mengurus dokumen juga,jadi beliau ngurusin yang itu dulu.Cukup lama juga menunggu,tapi nggak apa-apalah namanya juga butuh.Ada kali sejam saya nungguin dan akhirnya saya pun dipanggil dan visa saya jadi,cihuy!.

Etapi petugas tersebut nagih,"Mana kopinya?",Nah loh kenapa saya bisa lupa,padahal saya sempat pulang ke hotel.Haduh,saya sempat mau ambil kopi di hotel tapi begitu beliau tau letak hotel saya yang agak jauh ,beliau bilang nggak usah lagi pula kedutaan mau tutup.Sebagai gantinya saya kasih souvenir uang 2000 rupiah terbaru.Dan beliau bilang "have a nice trip" .Oh iya kalau teman-teman yang akan apply visa di Dushanbe ,tolong berikan kopi Indonesia yah ke petugasnya,nanti saya ganti deh hehehe

UPDATE 2018

Visa Kyrgyzstan sekarang bisa menggunakn E-visa cuma berlaku di 3 pintu masuk
 Manas int airport Bishkek,Osh airport,Ak-jol border kazakhstan-Kyrgyzstan
info lengkap di sini

Syarat visa Kyrgyzstan

-Isi 2 lembar formulir
-2 lembar foto
-Foto copy paspor
-Foto copy visa Tajikistan (bila apply di Dushanbe)
-Biaya 70 usd 2-3 hari kerja,transfer ke bank terdekat yang sudah ditentukan


Alamat kedutaan Kyrgyzstan 

Kuala Lumpur,Malaysia

10th floor, Wisma Sin Heap Lee, 
346 Jalan Tun Razak, 50400 
Kuala Lumpur, Malaysia
website : http://www.kyrgyzembassy.my/

Dushanbe,Tajikistan

Soid-Nosir Street, House 56A
Dushanbe
Tajikistan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar