Senin, 25 Desember 2017

Mengeksekusi Bebas visa ke Belarusia

Selain diskonan tiket pesawat ,kabar yang membuat bahagia para traveler Indonesia salah satunya adalah diberlakukannya bebas visa ke sebuah negara tertentu.Jangankan bebas visa,bisa visa on arrival aja bagi traveler Indonesia merupakan suatu Kemukzizatan.Tau sendiri kan bahwa paspor hijau (sekarang ganti biru muda) Indonesia selalu terbentur problem visa kalau mau pergi kemana-mana apalagi ke negara maju.
Tahun 2017 ini paspor Indonesia bertambah lagi kekuatannya karena beberapa negara memberikan bebas visa dan visa on arrival.Salah satunya Belarusia.Saya yang mendengar kabar bahagia itu langsung memasukan bucket list negara yang akan dikunjungi tempat teratas .Ibarat lagu new entry yang masuk chart top 40 ,Belarusia langsung masuk jajaran Top 5 tanpa merangkak dari posisi 30 an hot shot debut new entry #iniapaansih hahaha.

Minsk airport

 Bukannya begitu,Belarusia sebelumnya adalah salah satu negara yang memberlakukan visa yang sulit ,pake invitation letter segala dan juga mahal serta nggak ada kedutaannnya di Indonesia.Jadi daripada negara tersebut berubah pikiran ya udah lah langsung aja saya eksekusi tahun ini sambil  saya browsing-browsing tentang negara tersebut soalnya lagi males traveling ke negara yang harus apply visa juga.Bebas visa hanya untuk 5 hari saja,lumayanlah cocok bagi traveler Indonesia lagipula negaranya nggak terlalu besar.

Dari Indonesia saya sudah menyiapkan amunisi yaitu bookingan hotel dan lembaran yang menyatakan bahwa belarusia free visa untuk 80 negara termasuk Indonesia yang sudah saya print dari website kemenlu mereka.Jadi kalau ditanya di counter check in maskapai penerbangan ya tinggal tunjukan saja.
Saya naik pesawat Ukraine airlines dari Tehran  transit di Kiev Ukraina ,sebenarnya ada juga sih Ukraine airlines dari Bangkok  harganya juga paling  beda sejuta rupiah plus selisih harus ke Bangkok dulu yang lebih mahal daripada start dari Kualalumpur,selisihnya banyak juga yah akhirnya hahaha.

Saya memilih terbang dari Tehran karena pesawatnya landing di siang hari jadi saya nggak kehilangan 1 hari di Belarusia .Sedangkan kalau via Bangkok mendaratnya malam hari di Minsk .Dan tentunya harganya jadi jauh lebih murah kalau ngeteng karena pake airasia ke Tehran-nya.Dan saya kecapean dong.Tapi positifnya saya bisa ke kota ketika hari masih terang dan bisa naik airport bus.

Di bandara Imam Khomeini Tehran,Iran saya hanya transit 4 jam .Petugas Bandara yang mengurusi penumpang transit sangat sigap begitu ada penumpang yang turun langsung menyapa penumpang  sambil teriak “transit”,maklum di bandara ini nggak ada transit desk jadi dilakukannya manual dengan menanyai penumpang atau penumpangnya yang kreatif nanyain petugas bandara.

Paspor saya diambil untuk Di check-in kan.Begitu melihat tujuan saya ,petugas langsung nanyain visa Belarusia.Dan saya bilang bebas visa ke Belarus sambil memberikan print-an saya.Nggak berapa lama boarding pas ditangan sambil saya dibawa ke ruangan boarding 2 jam sebelum keberangkatan.Satu tahap sudah selesai.
Tahap ke 2 di Bandara kiev saya harus ke transfer desk karena petugas di bandara IKA Tehran hanya memberikan satu boarding pass aja yaitu Tehran – Kiev.Petugas transfer desk nya pun menanyai tentang visa ,saya tinggal menjawab free visa.Nggak lama boarding pass tujuan Kiev -Minsk pun ditangan.Dan sayapun langsung menuju gate keberangkatan.
Di Gate keberangkatan kembali saya ditanyai  visa oleh petugas pengecekan boarding pass,saya bilang free dan petugas tersebut langsung mengetikan jari-jarinya memasukan data  paspor Indonesia apakah bebas visa ke Belarusia .Saya lihat dia membuka data lewat “timatic”,acuan mengenai semua masalah pervisaan dan yes.. Indonesia masuk ke dalam bebas visa Ke Belarusia.
Sampai Di bandara Minsk sebelum loket imigrasi,pengunjung diwajibkan membeli travel insurance yang bisa di beli di tempat.Kalau sudah punya travel insurance sih ga usah beli lagi.Untuk 5 hari saya harus membayar 7 usd.



Travel insurance
Dan tiba saatnya di loket imigrasi sepertinya paspor saya ada sedikit masalah,lembar demi lembar diteliti satu-satu.Sampai dilihat pake alat seperti Lup atau kaca pembesar.Lucunya paspor saya diintip-intip lumayan lama  mungkin untuk melihat keabsahan paspor saya atau entahlah.
Dan petugas imigrasi memanggil atasannya untuk mengecheck kembali paspor saya.Sempat ditanyain sih mau ngapain ke Belarusia? Tinggal dihotel apa? Tiket pesawatpun ditanyain.Paspor  dibawa ke ruangan saya disuruh menunggu lagi .

Ada satu orang juga yang bernasib seperti saya.Kira-kira setengah jam baru petugas imigrasi keluar membawa paspor dan saya deg-degan apakah saya dapat golden tiket indonesian idol boleh masuk atau nggak .Alhamdulilah petugas menggiring keluar imigrasi dan berkata sorry udah menunggu .Stempel masuk Negara Belarus sudah bertengger manis di paspor saya.Lega.
Sebenarnya free visa Belarus ada syarat-syaratnya juga lho yang cukup membingungkan seperti
1.Harus masuk dan keluar melalui Bandara Minsk

Jadi kalian nggak bisa lewat jalan darat baik pake bus ,kereta maupun bersepeda.Saya denger-   denger ada seorang traveler nekat dari Australia yang masuk dengan kereta langsung ditolak.

2.Tidak boleh masuk dari Rusia atau menuju Rusia pas keluar
Padahal pake pesawat Rusia itu tiketnya murah-murah hiks,hati-hati ya jangan sampai tergiur           karena   murahnya tiket pesawat Rusia.Walaupun starting poin kalian misalnya Tehran –Minsk via Moscow ,abaikan saja.Karena Rusia-Belarusia itu seperti terbang domestic.
3.Bookingan hotel
Walaupun nggak ada syarat tertulis mengenai bookingan hotel,ada baiknya dipersiapkan cukup disimpan didalam handphone diperbolehkan,karena saya ditanyain tuh.

4.Belarusia masih memakai departure dan arrival card,awas arrival cardnya jangan sampai hilang

5.Enjoy Belarusia !




5 komentar:

  1. Hi mas, saya boleh minta itinerary 5 harinya? Bisa diemail di lisabudiharjo@gmail.com
    Waktu itu kesana pas winter bulan apa?

    BalasHapus
  2. saya cuma ngunjungin Minsk dan Mir aja mbak selama 5 hari,ke Mir pulang pergi dari minsk.Selebihnya explore minsk saja

    saya kesana bulan desember

    BalasHapus
  3. Saya tertarik ke Belarusia, tapi kalau flight nya ada yg transit ke belanda apakah harus apply visa Schengen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak keluar bandara tdk perlu schengen visa

      Hapus
  4. Kalo kita dari minsk teru mau ke poland lewat jalur darat kaya bus atau kereta harus pake visa ngga ?

    BalasHapus