Minggu, 14 Januari 2018

Ukraine airlines,Low Cost Carrier atau Full Service?


Mau review pesawat lagi nih,
Kali ini saya pengen ngomongin Ukraine International Airline,ini adalah national flight Negara Ukraina.Sejauh ini kita sebagai pengguna pesawat komersil pasti  akan mengira bahwa yang namanya national flght atau pesawat berplat merah suatu negara pastinya full service dong!.Tadinya ketika jari-jari saya mengotak atik google flight ataupun skyscanner untuk tujuan Belarusia ,UIA ini selau ada diurutan teratas karena harganya selalu murah dibanding maskapai –maskapai lain.
Saya berfikir ,boleh juga nih mencicipi maskapai yang jarang kedengeran mau tau aja bagaimana servicenya,makanannya ,inflight entertainmentnya.Ya udah saya eksekusi aja ,sip deh!

Ukraine Airline


Saya booking dengan rute begini
Tehran – minsk via kiev
Minsk-Baku via kiev




Berdasarkan pengalaman saya biasanya kalau saya booking pesawat kan ,paling lama 5 menit e-ticket sudah sampai ke email saya.Tapi lah ini sampai setengah jam kok nggak nongol-nongol tuh e –ticket.Waduh ,takutnya bermasalah lagi padahal kartu kredit sudah ke debet,saking nggak sabarnya saya sampe mention ke-twitternya UIA ,nanyain kenapa e-ticket nggak kunjung datang .Nggak lama kemudian persis satu jam baru ada notifikasi di email saya ,yeay ticket saya berhasil dikirim, langsung mention-an twitter ke UIA saya hapus,baru kali ini saya begitu sumringah  dikirimin ticket,setelah sebelumnya harap-harap cemas.Soalnya saya pernah punya pengalaman buruk masalah pertiketan ,beli di salah satu travel online luar negeri yang tiket saya nggak kunjung datang,nyangkut entah kemana.Terpaksa saya menelpon pihak terkait sampe saya bela-belain ngisi kredit skype ,ujung-ujungnya malah ribet,Kapok!

Leg Tehran-Kiev pesawat UIA menggunakan embraer e-90 nah lho jenis pesawat apalagi itu,saya cuma tau Boeing sama airbus aja sih hehehe ,maafkeun.Sedangkan 3 penerbangan lainnya menggunakan airbus.Penasaran juga saya tentang pesawat Embraer e-90 ini , sampai ketika memasuki badan pesawat saya sedikit kaget.Pesawatnya berbadan ramping ,seatnya cuma 2-2 ,apa nggak goyang-goyang nih selama perjalanan apalagi durasinya cukup lama yaitu 4 jam 15 menit,mampus gue!.Eh...nggak disangka pesawatnya adem ayem aja tuh,nggak ada goyangan-goyangan yang bikin jantung bergoyang dumang atau goyang ngecor.Thank you cuaca !


seat 2-2
Untuk makanan di -itinerary tertulis begini
 Food
Tehran-Kiev –Hot meal
Kiev –Minsk –Purchase
Minsk-Kiev- Purchase
Kiev - Baku –Purchase

Jadi saya hanya mendapatkan makan di rute Tehran Kiev yang berdurasi 4 jam perjalanan,Dan bener lo saya Cuma dapat makanan di rute tersebut  dan di-rute lainnya sama sekali nggak dapet makanan minumpun tidak. Makanan yang dijual  nggak ada variasinya seperti airasia  cuma ada sandwich ,nggak napsu banget. Saya ngebayanginnya ada nasi rendang resto sederhana maupun nasi tutug oncom.Beberapa kali naik National flight selalu dapet makanan,walaupun cuma pastel kentang waktu nyicipin KLM (cgk-kul), apa karena UIA harganya murah? Entahlah.


Hot meal Tehran-Kiev





Aneka sandwich

Di Airport Tehran saya hanya mendapatkan boarding pass untuk rute Tehran-Kiev saja padahal tujuan saya adalah Minsk  dan nggak jadi masalah karena di bandara  Boryspil Kiev saya harus melapor ke transfer desk dan semua lancar jaya .Tapi begitu kepulangan saya  dari Minsk menuju Baku,di bandara Minsk saya diharuskan check in online sama petugas counter check in ,nah lho .Karena kalo check in melalui counter dikenai biaya 10 euro, saya yang nggak mau rugi terpaksa keluar dari barisan langsung web check in untungnya saya beli sim card paket internet jadi nggak masalah juga ,tambah bingung deh saya dengan airline ini mau low cost atau full service sih?.Untung aja bagasi nggak disuruh bayar,hiks.


Transit di Boryspil Kiev airport
Bagaimana dengan inflight entertaintment nya? Yes..nggak ada sama sekali baik yang rute pesawatnya durasi panjang ataupun pendek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar