Sabtu, 10 Maret 2018

Ngapain aja di Minsk

Bagi teman-teman yang pernah ke Eropa mungkin Minsk ,ibukota Belarusia kurang lebih sama dengan berbagai kota di Eropa,nggak ada istimewa-istimewanya.Tapi bagi saya yang belum pernah menginjak Eropa merupakan sesuatu yang baru .

Beberapa tempat yang saya datangi memang tidak banyak,karena suasana winter yang bikin mager.Tapi setidaknya saya mengunjungi tempat yang menjadi ciri khas kota ini

Kota tua

Kebetulan hostel saya letaknya di area kota tua,bangunan-bangunan apik  ditambah aliran sungai  svislach yang berada disisinya menambah cantik kota tua ini.Suasana tenang sangat terasa walaupun kota tuanya berada nggak jauh dari jalan protokol yang dilalui kendaraan yang lalu lalang.Susurilah sepanjang aliran sungai svislach sambil melihat unggas-unggas liar yang bermain air ,tersedia juga bangku-bangku taman di sepanjang sisi sungai cocok untuk melepas lelah sambil memandangi kota tua dari kejauhan.

Minks gate

 
Sungai Svislach
Island of Tears

Pulau kecil di tengah sungai Svislach tak jauh dari kota tua.Di pulau ini terdapat monumen yang sangat menyentuh yaitu monumen pengingat gugurnya tentara-tentara Belarusia ketika terjadi perang antara Uni Sovyet dengan Afghanistan tahun 1979-1989

Island of  Tears


 Mall bawah tanah

Saya sangat takjub ketika mengunjungi tempat ini yaitu sebuah mall yang berada dibawah permukaan tanah persisnya berada tepat di bawah alun-alun kota Minsk.Mall bawah tanah? Jakarta juga punya kok di daerah Blok M hmm kalau di Blok M cuma satu lantai kebawah tapi di Minsk ada 4 lantai kebawah...wow.Mall nya pun cukup mewah kelasnya seperti Plaza Semanggi ,lumayan kan buat cuci mata sekaligus menghangatkan badan ketika suhu dingin.Yang mau belanja souvenir bisa juga kok disini .


Mall yang atapnya persis di alun-alun

Mall bawah tanah



Gereja-gereja Orthodox

Bagi yang menyukai arsitektur pasti akan terkagum-kagum melihat gereja-gereja yang ada di Minsk.Beberapa gereja ada disekitar kota tua ,sedangkan gereja st Helena yang berwarna merah maroon persis berada di alun-alun kota.Sayangnya gereja tersebut sedang direnovasi ketika saya kesana

Gereja  orthodox di kota tua


Gereja st helena

 Mir Castle

Highlight dari perjalanan saya adalah mengunjungi Mir Castle yang terletak di kota kecil Mir. Sebenarnya ada satu kota lagi yang patut dikunjungi berkenaan dengan castle yaitu Niasvezh karena saya menggunakan kendaraan umum maka saya pilih salah satu karena letaknya agak berjauhan dengan niasvezh..Jarak tempuh dari Minsk hanya 2 jam saja menuju Mir dan asyiknya bus yang saya tumpangi lewat didepan castle ini.Terus terang saya hanya tertarik dengan bangunannya yang bergaya gothik sampai-sampai saya belum sempat masuk kedalam istananya karena sibuk mengambil gambar dari berbagai angle serta mengagumi keindahan arsitekturnya .Berasa berada di abad pertengahan ditambah suasana yang hening karena musim dingin

Mir town


Mir castle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar