Selasa, 31 Juli 2018

Bandara Heydar Aliyev dan Pertanyaan Mengejutkan

Kebiasaan saya ketika pesawat mendarat dinihari adalah menunggu sampai hari benar-benar terang,bukan karena mau ngirit  penginapan tapi karena untuk keamanan aja  apalagi di kota yang baru kita datangi.Naik taksi ketika dinihari dari bandara ke kota selalu saya hindari lebih baik saya nongkrong di bandara ,capek-capek dikit ngga apa apalah.



Ketika saya traveling ke Baku ,Azerbaijan pesawat saya mendarat pada jam 3 subuh dan pastinya saya akan menunggu sampai pagi baru saya ke kota.Setelah urusan imigrasi beres seperti biasanya saya mencari spot yang nyaman untuk sekedar tidur-tiduran sampe tidur beneran.Bandara Heydar Aliev Baku salah satu bandara keren yang pernah  saya lihat ,desainnya futuristic walaupun tidak begitu besar .Yang paling penting sih ada tempat beristirahat yang nyaman,salah satu kriteria bandara favorit versi saya.



departure hall
Begitupun dengan bandara ini,saya menemukan tempat untuk berisitirahat yang oke ,tersedia sofa-sofa yang bisa kita tiduri dengan punggung sejajar dan tiga poin  lagi yang penting, lampu tidak terang ,tidak berisik, suhu hangat .Pas banget deh.

tempat istirahat

Beberapa orang lokal juga banyak yang tidur disofa jadi amanlah kalau bandara ini tidak melarang orang yang tidur selonjoran.Cari posisi yang bagus dan mengamankan barang-barang yang penting,maka terlelaplah saya dengan sukses.

Saya terbangun bukan karena alarm gadget yang sudah saya setting pengaturan jamnya.Dua orang polisi bandara mencolek badan saya padahal lagi tidur pulas-pulasnya.Saya disuruh bangun.
"Wake up..wake up" katanya.

Saya benar-benar mengantuk saat itu,dua orang polisi berbadan besar sudah duduk dihadapan .Saya mengucek-ngucek mata sambil berkata "good morning".

🙎“passport” katanya,maksud mereka meminta paspor saya

🙎“lagi ngapain disini?’

😪“saya sedang menunggu pagi ,pak"

🙎“mau kemana ?

😪Ke baku

🙎Ngapain?

😪Jalan-jalan

🙎Selain ke baku kemana lagi?

😪 Ganja,Sheki 

🙎 Ke Armenia?

😪NGGAK,saya langsung berkata tegas karena saya tau negara ini musuh besar Armenia.

🙎Kok jalan-jalan nya ke Azerbaijan ,kenapa mau kesini?

😪Azerbaijan indah dan mayoritasnya beragama islam,nggak susah cari makanan halal dan masjid.

🙎Paspor kamu bagus sekali ya,

  sambil melihat lembaran-lembaran paspor saya yang beraneka gambar.Polisi tersebut    menunjukan      gambar orang utan ke temannya sambil tersenyum.

🙎Kamu terbang darimana?

😪Minsk ,Belarusia

🙎Ngapain disana?

😪Jalan-jalan juga

🙎Loh Koq kesana,kan Belarusia bukan Negara muslim

(terserah saya dong,yang ini sih dalam hati aja)

😪Yah ..karena Belarusia sudah bebas visa jadi mudah sekali kesana

Dua polisi tersebut mengangguk-angguk

🙎 Kamu dari Indonesia,Kamu muslim?

😪Ya..saya muslim

🙎Kalau kamu memang muslim coba teruskan kata-kata saya
🙎Laa ilaaha illallah……

😪 Muhammdarrasulullah ,saya teruskan

Waduh ini kaya ulangan agama islam waktu SD 

Kembali polisi tersebut mengangguk-angguk 

🙎Kamu kalau sholat begini (bersedekap) atau begini (tangan menyamping) polisi tersebut memperagakan tangannya

😪 begini (bersedekap) 

🙎Oh..kamu sunni ya

😪ho oh....
   ada masalah apa ya pak,kok saya diintrogasi    begini
    *iseng-iseng saya tanya*

🙍oh... cuma bagian tugas kami ,untuk mengecek calon penumpang saja.
oke..selamat liburan


2 komentar:

  1. mas ini negara suni ya? pernah masuk ke negara2 syi*h? aman ga? ke negara mana aja? terimakasih

    BalasHapus
  2. Di Azerbaijan ada sunni ada syiah
    selama saya di negara tersebut aman-aman aja

    Saya pernah ke iran traveling 12 hari,aman aja.Orangnya baik2

    BalasHapus