Senin, 24 September 2018

Visa on arrival Ukraina via Bandara Kiev zhulianny

Semenjak pemerintah Ukraina memberikan fasilitas visa on arrival bagi WNI ,saya sudah mengincar negara ini untuk dikunjungi.Apalagi negara ini biaya hidupnya murah dan katanya makanannya enak-enak.

Awalnya saya belum berkeinginan mengunjungi negara ini pada tahun ini.Saya lebih kepingin mengunjungi Georgia dan Armenia tapi apa boleh buat karena evisa Georgia saya ditolak dan saya disuruh reapply lagi saya sudah males .Akhirnya saya memilih Ukraina sebagai tujuan traveling saya di bulan mei lalu.

Info yang saya dapatkan bahwa visa on arrival hanya bisa didapatkan di 3 bandara  yaitu Kiev borysspil,Kiev Zhuliany dan Odessa

Beberapa minggu sebelum berangkat ada info bahwa WNI bisa masuk Ukraina dengan e-visa tapi karena saya masih trauma dengan evisa georgia yang ditolak maka saya cuekin aja walaupun harganya lebih murah ,VOA 100 usd sedangkan evisa 65 usd.


Kiev Zhuliany Airport


Saya sudah cek cara membuat evisa  Ukraina mesti melampirkan ini itu bikin saya males dan juga prosesnya 9 hari kerja dan belum tentu approve juga karena setau saya belum ada yang mencoba,Ya sudah saya mantap pake VOA saja.



Saya sempat menghubungi traveler traveler indonesia di berbagai komunitas jalan-jalan dan memang tidak ribet untuk urusan visa on arrival cuma perlu isi form ,foto ,asuransi,booking hotel,tiket pulang dan bayar.Traveler yang saya tanyain tentang VOA semuanya lewat bandara kiev boryspil

Tiket saya tujuannya bandara zhuliany sama -sama di kota kiev cuma asiknya bandara ini dekat dengan pusat kota hanya sekitar 7 km dibandingkan dengan bandara kiev boryyspil yang jaraknya 40 km dari pusat kota.Jadi seperti bandara halim dan soekarno hatta perbadingannya.

Saya terbang dari Ankara Turki,untuk menghindari pertanyaan macam -macam karena memang paspor indonesia selalu terbentur masalah visa,saya self checkin di kios mesin pegasus airline bukan di counter check in nya ,nah tinggal ke imigrasi deh dan nyatanya amemang nggak ditanyain visanya mana.Kurang pede aja kalau ditanya macam-macam mengenai urusan visa,ngabisin waktu.Okelah sayanya aja parno duluan hehehe.Maklum peraturan mengenai visa terbaru kadang-kadang tidak semua petugas bandara tahu.

Hampir semua penumpang berkewarganegaraan Turki dan Ukraina .Pesawat mendarat mulus dibandara  Zhuliany kiev .Bandara ini sangat efisien begtu masuk bangunan bandara ,nggak jauh dari pintu masuk disitulah loket imigrasi.Semua penumpang langsung menuju imigrasi kecuali saya .Iya hanya saya seorang

Saya harus berbelok sedikit menuju loket visa on arrival.disamping loket terdapat meja beserta komputernya.Saya disuruh menunggu petugas visanya datang karena beliau sedang mengurusi visa 2 orang traveler china yang berbeda pesawat dengan saya ,nampaknya mereka sudah menunggu lama
 terlihat dari wajahnya yang kusut

Akhirnya petugas menghampiri saya,syarat-yarat pengajuan visa diminta,dokumen saya lengkap,beres.Petugas membantu mengisi form online yang seharusnya saya sudah buat sebelum tiba diarport,saya cuma nyengir ketika pak petugas visa menanyakan saya kenapa tidak mengisi form.online dan mengeprintnya terlebih dulu,duh maafkan pak,karena terlalu fokus dengan syarat-syarat dokumen yang diperlukan aja.

Setelah semua beres disinilah drama dimulai,untuk pembayaran visa tidak bisa dengan uang cash...what..?.Hanya bisa dengan kartu kredit,untungnya saya bawa .Tapi...untuk transaksinya nggak bisa dengan tanda tangan.Waduh!.Saya yang biasanya menggunakan kartu kredit dengan tanda tangan langsung pusing,satu kesalahan saya karena males membuat pin.

๐Ÿ’‚Di bandara kiev boryyspil  kamu bisa menggunakan cash tapi disini tidak bisa

๐Ÿ˜‡Kalau pinjam kartu kredit orang lain boleh pak?saya mau pinjam ke traveler china y
    kata saya

๐Ÿ’‚Boleh aja minjam,tapi traveler china itu juga pinjam sama traveler india yang udah ga tau kemana

kamu tau?2 traveler china itu udah nunggu dari jam 3 pagi loh .Padahal sekarang sudah jam 1 siang .

๐Ÿ˜‡trus solusinya apa pak?

๐Ÿ’‚Nanti jam 2 akan landing pesawat dari dubai,kamu bisa pinjam sama penumpang lain.
Kamu tunggu saja disini,saya mau makan siang dulu.
oke.bye

Untunglah wifi di bandara ini lumayan kenceng ,jadi saya browsing bagaimana cara membuat pin kartu kredit saya.beberapa langkah saya lakukan dan hap..jadilah pin.Saya menghela nafas lega

Petugas visa yang saya tunggu-tunggu datang,dan saya menyodorkan kartu kedit dan melakukan transaksi.petugas memencet angka 2550 UAh atau sekitar 100 usd sebagai harga sebuah visa dengan durasi 15 hari .Sambil memencet pin saya mengucap Bismillahhirohmanirohim dan berhasil

Alhamdulilah .....
petugas visa tersenyum pula dan berkata welcome to Ukraine
Dan mengatakan bahwa saya kecepetan datengnya karena 2 minggu lagi final liga
champion digelar di kota Kiev,oh..sayang sekali 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar