Rabu, 26 Juni 2019

Cita Rasa Ukraina

Selama traveling di Ukraina hampir setiap hari saya selalu makan -makan  di restaurant atau ngopi-ngopi di cafe.Eittss bukan saya kebanyakan duit  atau mau pamer.Gimana nggak? harga-harga makanan direstoran  atau cafe  masih dibawah Jakarta.Dengan seharga paket panas Mcd ,saya bisa makan di fancy restaurant atau makan di restaurant lokal dengan beragam lauk pauk

Biasanya kalau traveling sebisa mungkin  saya memasak di hostel ,pertama karena menghindari makanan non halal,kedua karena bosan makanannya itu-itu saja tidak bervariasi seperti di Indonesia,ketiga harga makanan di rstoran mahal-mahal.

Mashed potato

Tapi di ukraina saya males masak ,memang sepintas saya baca bahwa ukraina makanannya enak-enak saya mau buktikan aja sih.Beberapa negara pecahan Uni sovyet sudah saya cicipin makananya enak sih tapi ya gitu-gitu aja kebayang kalau kita traveling sebulan 1 negara yah itu-itu saja yg dimakan,Uzbekistan dengan plovnya,Kyrgyzstan dengan laghman dan manty atau Georgia dengan khinkali nya


Karena  rata-rata restaurant di negara ini harganya terjangkau,saya mengincar restaurant halal terlebih dahulu.sebagaimana kita ketahui restaurant halal di negara non muslim itu mahalnya kadang-kadang kebangetan.

Ada sebuah restaurant halal sedikit mewah letaknya di tengah kota Kiev ,reviewnya bagus nama restaurant adalah Musafir ya memang ini restaurant halal yang menjual cita rasa makanan Tatarstan  Crimea,tatarstan adalah salah satu suku beragama muslim yang ada di Rusia atau Ukraina dan Vrimea sekarang menjadi daerah konflik antara Rusia dan Ukraina .Saya memesan makanan ini berupa  tepung yang berisi nasi dan itu cukup mengeyangkan apalagi ditambah roti sebagai apetizer yang dibagiakn gratis yang sudah disediakan di meja,selain itu disediakan teko berisi air putih yang gratis pula,mantab kan?


makanan tatarstan

Apetizer

Selanjutnya kedai coklat yang menjadi incaran saya namanya lviv homemade chocolate letaknya nggak jauh dari gereja st Andrew tempat turis-turis berkumpul ,kedai ini menjual berbagai macam olahan coklat asli dengan interior yang instragamable,tentunya ada yang berupa minuman juga seperti coklat panas yang saya pesan,saya kaget dengan segelas coklat panas asli harganya kisaran 15 ribu rupiah saja


coklat panas didinginnya kota Kiev




Nah satu lagi kedai kopi lokal yang saya acungi jempol yaitu Aroma Kava,hampir disetiap sudut ada.Brand lokal yang menjamur dilebih dari 20  kota di ukraina seperti Kiev,Lviv dan Odessa hampir pasti dipenuhi anak-anak muda ukraina ,harganya jauh lebih murah dibawah S*t*a*r*b*u*c*k* dengan beraneka ragam cake yang enak-enak.Eh..iya saya sampai bikin kartu keanggotaannya lho dan itu pun nggak dipungut biaya sama sekali


brand lokalnya Ukraina




Dan yang paling terfavorit selama saya traveling di Ukraina yaitu jeng..jeng..jeng yaitu Puzata Hata,sebuah restaurant fastfood ala prasmanan yang menyediakan makanan-makanan ukraina yaoloh betah deh lama-lama di restaurant ini.Aneka makanan Ukraina tersedia mulai mashed potato ,daging-dagingan dan yang menjadi andalan saya adalah aneka salad ,yes saya memang suka salad.Hampir pasti ketika saya makan disini saya memesan salad yang berganti-ganti.Restaurant ini juga banyak tersebar di sudut-sudut kota.Kalau di jakarta yang menguasai KFC dan McD di Ukraina  sih Puzata Hata jagoannya dan hampir dipastikan restauran ini rameeee banget .



Ada nasi 

Aneka salad


pengganti nasi



Disini juga bisa tempat untuk nongkrong karena menyediakan kopi,teh dan berbagai macam kue-kue-an dilantai bawah atau dilantai atas.Oh iya jangan khawatir untuk menanyakan kepada counter staff nya daging-daging apa aja yang tersedia  karena mereka bisa berbahasa inggris.Untuk amannya bagi yang muslim pilih aja menu yang vegetarian itupun enak-enak banget loh.Saking banyaknya menyediakan menu ,saya belum mencicipi semua makanan disini walaupun hampir tiap hari makan di Puzata Hata




2 komentar:

  1. Senang rasanya menemukan postingan tentang Eropa bagian Timur, gambar gambar yang banyak muncul di feed media sosial saya umumnya Eropa Barat (padahal saya sendiri belum pernah ke Eropa). Posting lebih banyak lagi mas tentang negara negara Eropa Timur yang dikunjungi, kejadian kejadian seru yang dialami atau budaya orang orang sana

    BalasHapus