Minggu, 30 Juni 2013

Berlayar Bersama Kapal Pelni (kelas 2)

Kalau di postingan sebelumnya ,saya menceritakan tentang keadaan kapal pelni untuk kelas ekonomi.Kali ini saya akan menceritakan kelas 2 nya yaitu kelas yang berada setingkat diatas kelas ekonomi.Kebetulan pada bulan juni 2013 saya kembali menggunakan kapal pelni sebagai moda transportasi antar pulau yaitu antara ambon dan ternate.Saya menggunakan kapal Lambelu,mengingat perjalanan yang cukup lama dan saya juga pingin mencicipi kelas 2 nya maka saya akhirnya membeli tiket kelas 2b ,oh iya kelas 2  ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu kelas 2a yang terdiri dari 4 ranjang dan 2b yang terdiri dari 8 ranjang,tentunya harga kelas 2a lebih mahal sedikit dari kelas 2b selain itu fasilitasnya sama saja.


pelabuhan ambon
 





kapal Lambelu
Menurut saya kelas 2b udah nyaman banget, kabinnya bersih berkarpet,ada pendingin ruangan,kasurnya oke dan masing-masing penumpang diberikan loker tapi  syaratnya harus deposit uang sebesar 50 ribu rupiah yang bisa diambil kembali setelah akhir tujuan kita.Kamar mandinya juga lumayan bersih dengan air tawar yang berlimpah.


kabin yang nyaman

menu makan siang




Kalau kelas ekonomi pada waktu jam makan ngantri,maka kelas 1 dan 2 makannya direstoran ,eittss tunggu dulu walaupun didalam restoran yang sama masih harus dipisahkan antara kelas 1 dan 2 .Yang kelas 1 disebelah kanan dan yang kelas 2 disebelah kiri,saya sempat melihat-lihat apa sih yang membedakan #kepoberat.Makanannya sama ternyata ,cuma beda digelasnya dan pencuci mulut saudara-saudara, yang kelas 1 ada buah-buahannya  dan gelasnya yang kristal sedangkan yang kelas 2 nggak ada pencuci mulut malah gelasnya gelas biasa hadiah dari sabun cuci kali yah hehehe


bagian kelas 1
Perilaku penumpangpun beda banget,penumpang yang dikabin saya oke-oke banget nggak berisik ada waktunya ngobrol ada waktunya istirahat ,ketika jam tidurpun membuka pintu pelan-pelan takut yang lain terganggu .Coba waktu saya di kelas ekonomi hadeuuh ketika saya tidurpun ada yang memutar lagu kenceng-kenceng dari speaker hapenya yang suaranya cempreng,main judi,merokok pas pus pas pus padahal sudah diperingatin supaya jangan ngerokok alhasil ruangan penuh asap rokok dan yang lebih jorok lagi kentut dengan sengaja ketika sedang main kartu.

peringatan yang cukup menohok



toiletnya lumayan bersih






Nah,gimana mau coba? sebagai traveler Indonesia sebaiknya mencoba deh,Menurut saya ini salah satu kebanggan transportasi yang dipunyai Indonesia.Sepertinya negara lain pun nggak punya kapal penumpang yang gede banget seperti ini kecuali kapal pesiar yah.

12 komentar:

  1. wih...gak pernah yang kelas dua..udah sering naik pelni tpi kelas ekonomi terus...tiga hari di kapal udah berasa kaya di penjara..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduh kalo 3 hari di pelni ekonomi saya juga gak kuat,waktu itu malah ada bapak2 sama anaknya dari flores ke batam 6 hari di kapal,gimana tuh rasanya hehe

      Hapus
  2. baru pernah naik kapal besar cuma 'nyebrang' ke Merak aja hehe.. iyah itu aja kadang 'mual' :)
    semoga suatu saat saya jodoh dengan si PELNI

    BalasHapus
  3. Pelni sih goyangannya gak berasa,
    siiipp perlu dicoba om bayu,kesan pertama pasti terkaget2 apalagi yg kelas ekonomi

    BalasHapus
  4. saya pengguna setia kapal pelni kelas ekonomi (klu lagi dompet tipis)...bnyak pnglman yang sya rskan...terutma klu kbagian dluar trz hujan,pkkx siip,,,sesuai lah sma hargax,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener om iqbal kalo hujan nggak bisa kemana-mana ,nongkrong di kafetaria juga basah terpaksa didalem aja hehe tapi seru yah !!

      Hapus
  5. Hmmm...mantap juga nih yang kelas 2, apalagi yang kelas 1. Sy pernah naik yang ekonomi, dari makassar ke surabaya. lebaran ini kami ada rencana mudik dr medan ke jakarta, bagi infonya kelas 2 apa bisa satu keluarga dalam 1 kabin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya bisa om,tinggal minta sama travelnya .Waktu kemarin sih teman sekabin saya ada yg pindah katanya mau gabung dengan keluarganya

      Hapus
  6. hehehe... pengalaman yg seru pasti naik kapal pelni, perjalanan lebih menarik dibanding naik pesawat.
    hmmm... tapi kalo naik pelni saya belum pernah tuh beli tiket kelas 2, selalu di kelas ekonomi. soalnya perjalan dekat ternate-bitung begitupun sebaliknya, cuma 8 jam. nongkrong di kafe gak terasa udah nyampe... hehehehehe..

    numpang link blogq Gan,, (Y)
    http://syahdianto.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. iya nih gan,pengen coba aja kelas 2 nya soalnya jarang-jarang naik kapal pelni
    ternate-bitung pake pelni 8 jam yah,ane pake ferry asdp berangkat jam 7 malem nyampe jam 3 sore gan,mati gaya deh

    BalasHapus
  8. Sekedar sharing aja,pertama kali saya naik kapal pelni sinabung dari biak ke surabaya,dengan kelas 1A bersama istri,fasilitasnya lumayan,2tempat tidur,2bantal,2guling,2sprei,2selimut,almari pakaian 2pintu,meja belajar,2buahlaci,televisi,ruanan ber ac,kamar mandi dalam dgn air panas,dpt makan direstoran khusus kelas 1 3x sehari.
    Meskipun naik kelas 1,tetapi masih saja tidak nyaman,bukan karena kapalnya yg tidak bagus,tetapi karena para penumpang kls ekonomi yg ga kebagian tempat rela ngemper disepanjang tempat yg kosong,bahkan sampai berjalan saja sulit,karena jalannya dipake tidur.
    Cukup 1x aja deh naik kapal pelni,kapok!!

    BalasHapus
  9. saya mau tnya untuk keberangkatan kapal laut rute jakarta batam saya kalau mau bawa mobil bisa ga ya ?
    biaya mobil dan tiket untuk saya berpa ya ?

    BalasHapus