Rabu, 03 Mei 2017

Mana Tiket Keluar Jordania?

Ketika saya traveling ke Jordania dan Mesir ,saya mendapat sedikit kesulitan .Jadi begini ,tiket pulang pergi saya memang sudah saya booking dan confirmed.Rute saya agak sedikit ngejelimet sih karena saya beli tiket 2 minggu sebelum keberangkatan mencari harga yang termurah dan waktu yang pas.Begini rutenya

Jakarta-Kuala Lumpur by airasia
Kuala Lumpur -Colombo by srilanka air
Colombo -Dubai-Amman by fly dubai
Luxor-Doha -Jakarta by Qatar airways

Jadwal keberangkatan

Terlihat dari rute berangkat saya yang agak-agak ribet,pake ke colombo segala pula padahal saya pernah kesana dan bandaranya nggak oke.Selain harga pada saat itu direct ke Amman mahal dan murahnya tiket ke Amman dari Colombo,transit di colombo nggak perlu visa dan saya mau coba srilanka air yang pada saat itu harganya beda tipis dari airasia.Ribet sedikit nggak masalah deh paling saya capek-capek dikit .



Jakarta sampai Colombo ngga ada masalah yang berarti,cuma ditanyain visa jordania dan tiket keluar dari Jordania.Rupanya mbak-mbak counter di Klia mau mengerti setelah saya jelaskan dan saya tunjukan tiket balik dari mesir ke jakarta plus visa mesir saya.Visa Jordania saya udah punya Jordan pass yekan.Beres

Nah ,Ketika saya check in di bandara bandarainake Colombo Srilanka nih yang sangat amat ribet.Petugas counter check-in nggak mau cetak boarding pass saya karena saya nggak punya tiket keluar Jordania.Saya udah jelasin bahwa saya mau ke Mesir lewat jalur laut naik Ferry karena Mesir dan Jordania itu kan tetanggaan.Petugasnya nggak mau terima ,trus saya disuruh nunjukin bawa uang berapa,hah buat apa coba? tapi saya turutin aja kemauannya nunjukin dolar  beserta kartu kredit saya dan masih nggak mau nerima.

Saya minta panggilin managernya dan saya jelaskan kembali rencana perjalanan saya beserta dokumen lain pendukungnya.Dan tetep nggak bisa ,pokoknya saya harus punya tiket keluar dari Jordania .titik!.Karena itu udah aturan Fly dubai ,bantahnya.Yowis gimana caranya saya membeli tiket keluar dari Jordania ,tantang saya .Nggak ada jalan lain yah membeli online ,saya masih punya waktu satu jam sebelum counter check-in ditutup.Ya udah tunggu gue ya cuy! Oke kata si manager.

Bagi saya  membeli tiket online adalah perkara gampang,apalagi beberapa maskapai ada yang menerapkan "pay later" bayar di kemudian waktu setelah dibooking.Beberapa maskapai yang menerapkan itu diantaranya Turkish airline dan Qatar airways.Saya melenggang santai menjauhi counter check-in ,cari tempat yang pas walaupun sambil "melantai" ditempat yang sepi agar bisa konsentrasi penuh.

Buru-buru saya membuka kedua web tersebut dengan bantuan wifi bandara.Bermenit-menit saya tunggu supaya web tampilannya sempurna tapi emang dasarnya wifinya lelet bin lemot.Udah setengah jam website nggak beres-beres, baik yang Qatar airways maupun Turkish airline.Makin lama makin senewen ,deg-degan  ,keringat ngucur deras,kepala berasap

15 menit lagi counter ditutup ,saya kepusingan nyari solusi.Restoran atau cafe yang ber-wifi cuma ada di area setelah imigrasi.Saya mendatangi karyawan bandara bagian informasi yang sedang bertugas dengan maksud minta tethering hotspot dismartphone nya.Eh malah bilang dibandara sini ada wifinya kok.trus saya bilang wifinya lelet banget.Dia nunjuk area di sebelah kiri yang katanya wifinya lebih kenceng

Berlarilah saya ke area yang ditunjuk dia,ternyata sama aja loh wifinya lambat banget.waduh saya udah pasrah aja ,kebayang bakal ngeluarin duit lagi jutaan untuk beli tiket baru dan harus menginap di Srilanka.Ah..betapa bodohnya saya nggak menyiapkan tiket dummy sebelum berangkat.

Counter check in sudah sepi ,saya memberanikan diri untuk check in kembali dengan petugas yang lain yang ada di ujung paling kanan.Saya lihat sang manager sedang sibuk berdebat dengan sepasang calon penumpang.Sepertinya mereka nggak diperbolehkan check in karena telat.

Lagi-lagi saya dihadapkan oleh si manager karena petugas counter check in pun bertanya mengenai tiket keluar.Saya bilang untuk membeli tiket online  keluar Jordania nggak mungkin saya lakukan karena internetnya lelet.Mungkin dia kasihan melihat saya atau mau bikin keki calon penumpang sebelah saya yang marah-marah nggak dibolehin checkin,entahlah.Akhirnya saya diperbolehkan check-in dengan catatan saya diharuskan booking tiket online keluar Jordania setelah imigrasi.Di-iyain aja lah yang penting dapet boarding pas dulu ,setelah itu sih bodo amat hahaha.

Saat di Jordania saya bertemu dengan traveler Jepang dan China ,dua-duanya menggunakan maskapai flydubai tapi berlainan waktu dan juga akan ke Mesir lewat laut.Yang Japanese mulus-mulus aja sampai di Amman  dari Tbilisi Georgia tanpa ada permintaan tiket keluar Jordania .Nah ,yang chinese bermasalah seperti saya ,dimintain tiket keluar Jordania pas checkin di  Bandara Dubai dan yang lebih menyedihkan lagi dia benar-benar diharuskan membeli tiket ,booking onlinepun nggak bisa dilakukan katanya karena leletnya internet.Jadi terpaksa dia beli tiket saat itu juga di counter Flydubai yang bisa refundable ,kalau nggak salah kena charge-nya 60 usd,duh.

Dari kejadian diatas sepertinya Flydubai masih "mencurigai"  warga negara tertentu yang disinyalir akan bekerja disuatu negara.Maka persiapkanlah dokumen penguat seperti bookingan tiket dummy  agar perjalanan kita berjalan lancar.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar