Kamis, 07 Mei 2015

Drama Babak Pertama Bandara Ataturk

Banyak banget postingan tentang keadaan Bandara Ataturk di Istanbul,Turki dan biasanya para traveler menulis tentang ketidak efisienan pelayanan bandaranya,Memang salah saya sih suka nyuekin tulisan-tulisan yang  menyalahkan pengelolanya ,saya mikirnya ya udah , saya aja yang dateng lebih awal biar nggak kenapa-kenapa.Nah,kejadian inipun  menimpa saya 

Pesawat yang pakai sewaktu mau pulang ke Jakarta adalah Malaysia Airline  dengan rute Istanbul-Kuala lumpur -Singapore ,kenapa milih Singapore daripada Kl atau Jakarta ,ya karena harganya lebih murah aja sih.Penerbangan dijadwalkan Jam 3 sore,saya udah grasak grusuk check-in dari hostel di daerah Sultanahmet Jam 11 pagi .Menuju  bandara saya disarankan naik tram dulu turun di halte zeytinburnu lanjut metro ke bandara. Mengingat  pingin ngabisin duit Lira , maka ngeluyurlah saya ke toko- toko souvenir di sekitar Sultanahmet sebentar saja uang saya habis ,tinggal menyisakan ongkos tram dan metro ke bandara.

Tram Istanbul


Diperjalanan menuju halte tram Sultanahmet saya melihat ternyata ada stasiun metro namanya sirkeci ,Iseng -iseng saya tanya ke petugasnya apakah bisa kereta ini menuju bandara ternyata bisa katanya ,saya tinggal turun di stasiun yenikapi yang hanya berbeda satu stasiun lanjut ke stasiun Aksaray dari Aksaray baru pindah metro ke bandara ongkosnya pun sama.Kontur area sultanahmet  yang turun naik membuat saya malas ke halte tram apalagi saya menggendong ransel besar 


Biasanya  kalau stasiun-stasiun MRT ,subway,Metro yang pernah saya gunakan di beberapa kota asia ,stasiun transitnya terhubung satu sama lain walaupun harus membayar lagi yah nggak begitu berjauhan lah dan nggak membingungkan karena petunjuk nya jelas.Tetapi di Istanbul untuk menuju stasiun aksaray dari stasiun transit yenikapi harus keluar dulu ,saya dengan pedenya menyebrang jalan mengikuti orang-orang yang saya pikir akan pergi menuju stasiun aksaray.Ternyata nggak ada tanda-tanda sedikitpun bahwa disekitar situ ada stasiun metro ,saya dipastikan nyasar.Keringat dingin udah keluar karena nanya orang lokal nggak ada yang tau ,semua menggelengkan kepala padahal saya udah nunjukin peta dan bilang "aksaray" dan di peta metro itupun tertulis aksaray.

Stasiun metro aksaray

Metro menuju bandara ataturk


Kemudian saya balik lagi ke stasiun semula dan menanyakan stasiun yang saya maksud kepada petugas metro dan benar saja ,saya salah jalan .Seharusnya saya mengikuti trotoar sampai lampu merah ,nah dari sinipun saya kembali bingung sampai akhirnya ada sebuah pertokoan bawah tanah dan kembali saya bertanya kepada security  ternyata saya berada di jalan yang benar ..yeay dan ketemulah stasiun metro aksaray *peluk tiang*.Sepertinya saya menghabiskan waktu 45 menit mencari stasiun ini

Ketika saya menulis postingan ini  dan melihat kembali peta metro dan tram baru ngeh bahwa ,kereta menuju bandara bisa diakses juga lewat stasiun yenikapi dan nggak perlu ke stasiun aksaray .Pantes aja jarak antara stasiun yenikapi dan aksaray itu lumayan gempor untuk jalan kaki hahaha ada kali 2 km.Entah mata saya yang sliwer baca peta atau salah denger penjelasan petugas metro sirkeci.Sebenernya kalau nggak terburu-buru ke bandara saya masih menikmati ketersesatan ini paling tertawa mengutuki diri sendiri

Masih ada waktu 2 setengah jam sebelum pesawat  take-off ,setengah jam  untuk perjalanan menuju bandara sisanya untuk proses check-in dan imigrasi.Drama babak pertama udah selesai .Saya melenggang lega memasuki lorong-lorong bawah tanah stasiun metro yang menghubungkan bandara.fiuuuhhh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar