Senin, 30 September 2019

Menjelajah Dataran Tinggi Anatolia Timur ; Ani dan Danau Cildir

Kars merupakan tempat singgah traveler sebelum mengexplore Ani yaitu suatu daerah yang mempunyai reruntuhan kota lama yang  terletak di perbatasan Armenia.Tujuan saya menginap di Kars untuk beberapa hari memang untuk mengexplore Ani.Awalnya saya ingin naik transportasi umum saja dari Kars yang konon katanya ada dengan frekuensi sekali sehari berangkat pagi-pagi.Kota Kars tidaklah terlalu besar jadi saya gampang saja menemukan titik tempat mangkalnya angkot menuju Ani,katanya di depan cafe antique berdasarkan browsing di google.Saya sudah stand bye dari jam 9 pagi ,saya nggak nemuin angkot yang lagi ngetem sampe saya bolak balik memantau daerah tersebut.Akhirnya saya balik ke hotel.

welcome to ani


Di hotel ,sang resepsionis menawarkan paket transportasi semacam tour ke Ani dan danau cildir yang kebetulan memang saya mau kedua tempat tersebut tapi rencana saya sehabis dari Ani saya akan mengunjungi cildir sekaligus menuju kota  Ardahan yang sudah dekat dengan cildir  jadi nggak bolak balik Kars.Ternyata itinerary yang saya kasih ke reepsionis dengan keterbatasan bahasa tentunya nggak disetujui daripada ribet mending saya ikut tour tersebut yang harus bolak balik Kars.


Paket tour yang ditawarkan sangatlah murah hanya 50 lira ,ternyata kami hanya diantar saja ke tempat tujuan tanpa ada tour guide yang menjelaskan ,okelah nanti bisa saya googling keterangan tempat-tempat tesebut.

minivan yang membawa saya keliling Kars


Pagi-pagi saya dijemput pihak tour untuk mengunjungi Ani terlebih dahulu,minivannya sangat nyaman ,peserta tour nya hanya saya yang orang asing semuanya orang-orang Turki..

Perjalanan menuju Ani kurang dari satu jam,kami pun tiba di pintu gerbang yang menyerupai benteng dan nggak lupa membayar tiket masuk sebesar 6 lira.Dan saya resmi memasuki kota lama Ani,bentangan dataran yang dipenuhi rumut-rumput berawarna hijau dan kuning ditambah suasana mendung menambah magisnya suasana di sini.Saya seperti berada di masa lalu jalan setapak yang dibatasi oleh batu-batu disisi kiri dan kanannya dan bukit-bukit dikejauhan.Jalan sedikit lagi saya sudah mendapatkan monastery-monastery kuno dengan keadaan yang sebagian runtuh sebagian lagi masih utuh



Moanastery dikejauhan


Ani merupakan kota yang mempunyai sejarah yang sangat panjang,sempat menjadi ibukota Armenia dan pernah diduduki oleh lima kekaisaran yaitu Bagratid,bizantium,seljuk Turks,Georgia dan Ottoman.Pada awalnya kekuasaan Bagratid masuk yang menjadikan Ani sebagai ibukota Armenia banyak gereja-gereja didirikan sampai kekaisaran Ottoman menduduki ,giliran pengaruh agama islam yang masuk  beberapa mesjid dibangun tanpa menghancurkan gereja -gereja yang sudah ada.Kini Ani hanyalah sebuah kota yang ditinggalkan penduduknya karena wilayahnya yang sering dilanda gempa dan sering tertutup salju ,Ani juga sering disebut kota hantu yang tidak berpenghuni.Lewat kementrian wisata dan budaya Turki ,Ani dirawat dan dipelihara agar tetap terjaga dan menjadi salah satu andalan wisata Turki

monastery








gereja tua



Setelah dari Ani kami diantar menuju Danau Cildir,perjalanan melalui dataran tinggi yang pemandangannya sungguh memanjakan mata,bukit-bukit tertutup salju dan pedesaan khas Turki dengan minaret-minaret mesjidnya.Danau cildir ini menggoda saya untuk dikunjungi karena banyak yang bilang seperti danau-danau membeku di Rusia dan pas banget waktu saya kesana danau sudah mencair sebagian merupakan fenomena alam yang sangat saya tunggu.



danau cildir
Danau Cildir ini letaknya masih di provinsi Kars diketinggian 1959 m diatas permukaan laut merupakan danau terbesar kedua setelah danau Van di daerah Anatolia.Infrastruktur yang bagus membuat wisatawan sangat mudah mengunjungi danau ini,letaknyapun dipinggir jalan raya dan dapat dinikmati dari sisi manapun dan gratis.


sikuning

Dan benar saja waktunya sangat tepat sesuai keinginan saya,salju yang menutupi danau saat winter sudah sebagian mencair menambah indahnya danau ini.Beberapa bongkahan es yang sudah melepaskan diri  menambah uniknya pemandangan disini ,sayangnya nggak ada perahu wisata yang mengantar wisatawan keliling danau ini .Kalau ingin melihat danau cildir ini membeku bisa datang saat musim dingin ,banyak atraksi wisata saat musim salju seperti ski atau naik delman mengitari danau .

adem

Akhirnya kami kembali ke kota Kars,perjalanan belum berakhir karena peserta tour mendapat bonus diantar mengunjungi Museum Kars,saya yang nggak terlalu suka masuk museum akhirnya masuk juga

diorama di museum Kars


diorama di museum Kars





Bagi penyuka museum ,tempat ini seperti salah satu surganya berisi sejarah Turki terutama daerah Anatolia,dikemasnya juga keren dengan teknik pencahayaan yang bagus beserta diorama-diorama tentang perjuangan tokoh-tokoh Turki.Setelah  dari museum maka berakhir pula petualangan seharian di provinsi Kars ini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar