Kamis, 30 November 2017

Uzbekistan Dan Segala Peraturannya

Mengunjungi negara Uzbekistan harus benar-benar riset,do and don't-nya kadang-kadang terasa aneh.Beberapa peraturan bisa membuat traveler mengernyitkan dahi,sedikit aneh,sedikit unik,sedikit ribet tapi kalau sudah dijalani sih jadi biasa-biasa aja,

Welcome to Uzbekistan

Jadi intinya dimana bumi dipijak disitu...lah kita ikutin peraturannya.Seperti kata quote babang Clinton Fadiman

When you travel, remember that a foreign country is not designed to make you comfortable. It is designed to make its own people comfortable.

Beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh pelancong yang mengunjungi negeri ini berdasarkan pengalaman saya pada bulan Juli -Agustus 2017


1.Registrasi Hotel
  
Salah satu yang terpenting ketika traveling ,mintalah lembaran registrasi hotel karena semua       lembaran-lembaran registrasi hotel akan di cek ketika akan meninggalkan negara ini,jadi jangan sampai terlewat satupun.

Lembaran-lembaran registrasi hotel

Jika ada yang hilang ,lupa atau tercecer hubungi kembali hotelnya mintalah foto lembaran bisa dikirim lewat whatsapp atau email buat jaga-jaga.Guesthouse atau hostel pun menyediakan layanan ini

2.Big no no untuk Couchsurfing

Couchsurfing nggak diperkenankan di negara ini ,jadi nggak bisa untuk nebeng tidur di rumah orang lokal ,ya karena pemerintah sana mengawasi siapa-siapa aja yang masuk negara ini,makanya ada registrasi hotel segala ,yakan!.Sekedar ngajak orang lokal makan atau minum teh  sih masih bisa.

Peraturan terbaru yang saya dengar dari pegawai KBRI tashkent sih bisa cuma terbatas 3 hari aja bermalam di luar hotel.Tapi saran saya sih nginep di penginapan biar nggak ribet nanti pas keluar dari uzbekistan.Harga penginapan juga murah-murah kok sudah termasuk registrasi hotel pula.

3.Bawa Dolar atau Euro yang banyak ,tukar di black market

Nggak ada Money changer, yang ada  hanya black market,Dolar yang kita bawa bisa ditukar di toko-toko souvenir atau mintalah info sama petugas hotel atau orang lokal dimana tempat penukaran som (mata uang Uzbekistan).Harga 1 usd  = 8000 som tapi jika ditukar di bank harganya anjlok sampai 4000 som.Pecahan terbesar adalah 10000 som itupun jarang terlihat,kebanyakan 5000 som jadi siap-siap membawa uang bergepok-gepok.

Pecahan besar som

Oh iya Atm juga belum banyak yang menerima keluaran bank asing begitu juga dengan credit card,Jadi Dolar/euro adalah kuncinya.

By the way kalau ada yang mau pergi ke Uzbekistan boleh hubungi saya jika mau tukar uang som,ada lumayan nih hehe

4.Isilah form berapa uang yang dibawa masuk dengan benar

Sebenarnya intinya uang yang dibawa masuk ke Uzbekistan harus lebih kecil ketika meninggalkan negara ini.Saya belum pernah dengar sih kalau pihak imigrasi Uzbekistan benar-benar ngoprek uang kita sampe sedetil-detilnya.Tapi ikutin ajalah kemauannya ,pihak sana sih nggak mau ada orang asing yang cari duit dinegaranya.Makanya uangnya jangan disayang-sayang yah, belanjain aja daripada direbut sama pihak imigrasi hehehe

form pengisian jumlah uang

 

5.Hati-Hati Memotret

Ini sih hampir semua negara memberlakukan peraturan yang kayak gini,terlebih negara-negara yang parnoan.Gedung-gedung pemerintahan memang jamak untuk dilarang dipotret karena keamanan negara.Kereta bawah tanah (Metro)Tashkent pun dilarang di-foto,malah saya diwanti-wanti sama orang lokal agar nggak naek metro,lah justru saya wajib mencicipi transportasi umum ketika sedang traveling.

Metro Tashkent

Tashkent tower pun tak luput dari larangan membawa kamera,saya yang tadinya pengen mengabadikan kota Tashkent dari atas jadi kecewa karena jangankan kamera ,smartphone bakal kena sita dan nggak boleh dibawa keatas,bete!


Dibalik banyaknya peraturan ini itu,jangan khawatir, Uzbekistan merupakan negara yang aman-aman saja dan layak dikunjungi apalagi sebagai pecinta sejarah dan penyuka manusia-manusia rupawan .

Rahmat Uzbekistan

Update : Uzbekistan sekarang sudah bebas visa



Tidak ada komentar:

Posting Komentar