Selasa, 26 September 2017

Berhati-hati di Piramida


Mengunjungi Piramida adalah salah satu bucket list saya, dari zaman  dulu ,piramida nggak pernah lengser dari 7 keajaiban dunia.Apa sih istimewanya bangunan ini? Hmmm setelah melihat baru tahu deh bagaimana kehebatan bangsa mesir kuno membangun situs bersejarah ini.Ah..saya nggak mau ngomongin keren dan megahnya pyramid disini,gimana kalau kita ngomongin trik supaya nggak kejebak scam dan calo di pyramid ini yang nauudzubilah banyak banget,yuk!


Tukang Kuda di pintu masuk

Situs piramida berada di giza Mesir nggak jauh dari pusat kota Kairo,para pengunjung biasanya menyewa mobil ,naik taksi atau angkutan umum.Saya memilih ngangkot dari penginapan  di daerah mihdan tahrir ,2 kali ganti angkot .Naik metro juga bisa tinggal turun di stasiun giza lanjut bus warna biru.
Pintu masuk pyramid ini ada beberapa,biasanya bus biru akan berhenti tepat di pintu utama.Nah,dari awal menjejakan kaki menuju pintu masuk kita sudah dihadang beberapa orang yang menawarkan kuda alih –alih berhadiah tiket masuk free.Kalau kalian tengok ke kiri banyak tukang kuda bergerombol bersama kuda-kudanya tentu,feeling saya sih ini scam .Kata mereka harga naik kuda sudah termasuk tiket.Kalau ditawarin bilang aja mau jalan kaki

Senin, 14 Agustus 2017

Melamar Visa Kyrgyzstan di Kuala Lumpur dan Dushanbe

Mumpung masih anget nih,pas lagi nulis postingan ini saya sedang berada di Kyrgyzstan lagi.Lho kok kesana lagi sih?.2 tahun lalu saya janji  mau balik lagi sih, karena negara ini indah banget jadinya kesampean deh hehehe.

Kyrgyzstan masih memberlakukan visa on arrival di Bandara Bishkek dan teteup nggak bisa VOA lewat border darat.Tapi saya masih kekeuh mau lewat darat ,gimana dong?.Kali ini saya mau ngasih tau bahwa melamar visa di negara ketiga itu bisa aja dilakukan secara negara ini nggak punya kedutaan di Jakarta ya kan!.Masing-masing kedutaan punya aturan sih ya,contohnya saya dan teman 2 tahun lalu melamar visa di dua kota china ditolak mentah-mentah.Bagaimana di kota lain?



Senin, 26 Juni 2017

Polisi Pencuri Som

Setelah kejadian tersebut ,saya rada sedikit parno kalau  melihat polisi,Sebisa mungkin menghindari berjalan di depan kantor polisi ataupun ada mobil patroli yang sedang ngetem.Keesokan harinya saya kembali berjalan-jalan di pusat kota Bishkek sambil mata saya mengawasi kali-kali aja ada semua hal-hal yang berbau polisi di dekat saya.

Saya yang lagi asyik jeprat jepret di ala too square ,dihampiri oleh seorang laki-laki bereperawakan gemuk yang langsung menebak saya sebagai turis.Namanya John, bahasa inggrisnya lancar karena dia tinggal di Amerika ,orang Kyrgyzstan asli ,entah kenapa namanya john hahaha.Sambil jalan kita mengobrol.Obrolannya masih sekitar tentang pendapat saya tentang negaranya.John langsung bilang agar berhati-hati di negaranya terutama dengan polisi.Tuh kan !

osh bazaar

Kamis, 08 Juni 2017

Polisi Ngehek Bishkek


Ketika ngobrol-ngobrol dengan Arsya ,(perempuan Kyrgyzstan yang saya temui di bandara Novosibirsk) doi bilang agar sealu berhati-hati jika bertemu polisi dan orang-orang local yang sedang nongkrong-nongkrong di pinggir jalan terutama anak mudanya .Salah satu hal yang membuat para turis nggak merasa nyaman, yah polisi ini.Sudah banyak kejadian yang menimpa para turis dan menjadi topik hangat yang sering diperbincangkan diforum-forum traveler.Saya sih mengiyakan aja atas saran-saran Arsya untuk sebisa mungkin menghindari polisi dan jangan sekali-kali berurusan dengan makhluk ini.

Hari pertama jalan –jalan menyusuri jalanan protokol pada siang hari di kota Bishkek ,saya sih merasa aman-aman aja dan emang nggak pernah lihat polisi yang sedang ngetem ataupun patroli.Padahal saya pun sempat lama-lama nongkrong di ala too square ,alun-alun kota Bishkek yang sudah pasti setiap saat ramai tapi semua lancar jaya 
.
Taman di Bishkek

Pada akhirnya saya janjian dengan teman baru saya di restoran dekat alun-alun tersebut sore harinya.Keasyikan ngobrol dengan bahasa Indonesia membuat saya nggak ngeh hari sudah gelap dan kota ini ketika malam nggak terang benderang ,minim cahaya lampu.Saya jadi teringat pesan arsya yang kedua yaitu menghindari anak-anak muda yang sedang nongkrong-nongkrong di pinggir jalan.Kebetulan hostel saya lumayan jauh dari alun-alun .Hostel saya di bagian utara sedangkan teman saya di bagian selatan jadinya kami berpisah.