Rabu, 22 Januari 2020

Menerobos Salju Demi Gergeti Church

Kazbegi yang merupakan salah satu kota andalan wisata  di Georgia ,saat saya datangi sedang musim semi.Gunung-gunung menjulang tinggi yang menambah daya tarik kota kecil ini.Walaupun musim semi cuacanya masih dingin sekali terlebih ketika malam.Saya ditanya oleh pemilik homestay kesan -kesannya terhadap Kazbegi ,saya bilang cantik dan dingin.Jawaban dia ,ya iyalah dingin ,gunung-gunungnya gede-gede gitu hehehe,iya juga sih.Kazbegi berada diketinggian 1740 m dan puncak gunung Kazbegi 5003 meter diatas permukaan laut.

Kazbegi


Selain gunung-gunung yang gede itu ,andalan Kazbegi adalah gereja  gergeti yang berada diatas bukit.Kalau kita tiba di pusat kota ,kelihatanlah gereja tersebut ada diatas bukit.Banyak supir-supir taksi yang menawarkan transportasi menuju gereja gergeti ketika tiba di Kazbegi.Saya sih ingin trekking aja,karena sayang banget alam indah Kazbegi dilewati begitu saja,hanya dengan ngintip dari balik jendela mobil.

Homestay yang saya inapi


Waktu yang tepat untuk trekking adalah pagi hari,jam 9 saya sudah siap mau trekking melewati kampung-kampung diperbukitan eh ada turis Korea yang  juga mau trekking ya udah sekalian aja deh dan beruntungnya dia sudah 2 kali ke gergeti jadi saya tinggal ngekor saja . Ternyata jalur untk trekking tidak begitu jelas saudara-saudara,si Korean inipun sempat nyasar -nyasar.Sebenarnya kalau mau gampang tinggal ngikutin jalan beraspal aja,nyampe deh di puncaknya cuma jalannya agak muter-muter.

Kamis, 31 Oktober 2019

Georgia Yang Selalu Bikin Deg-degan

Masih  ingat tahun lalu saya gagal ke Georgia karena evisa saya ditolak,akhirnya saya banting stir ke Ukraina.Kalau saya terawang kegagalan mendapatkan evisa dikarenakan kecerobohan saya mengunggah pas foto yang sudah ditentukan ukurannya,perintahnya saya cuekin .Saya unggah foto asal aja ukurannya karena waktu itu kayaknya saya sedang capek walhasil ditolaklah saya ,sebenernya masih ada kesempatan re-apply tapi waktunya sudah nggak memungkinkan dan saya udah males.

Georgia
Musim semi 2019 saya kembali mencoba mengunjungi Georgia,negara ini memang selalu ada di toplist travel saya alasannya yang utama adalah murah biaya hidupnya dan tentunya pemandangannya yang keren ,ditambah musim semi adalah waktu yang paling baik.Persyaratan untuk evisa sudah saya lakoni ,saya udah nggak mau ditolak lagi karena ditolak itu menyakitkan  kalau ditolak bubarlah itinerary saya.Dan benar kalau kita ngikutin persyaratannya dengan benar maka evisa akan terbit dan saya berhasil mendapatkan evisa beberapa hari kemudian.

Senin, 30 September 2019

Menjelajah Dataran Tinggi Anatolia Timur ; Ani dan Danau Cildir

Kars merupakan tempat singgah traveler sebelum mengexplore Ani yaitu suatu daerah yang mempunyai reruntuhan kota lama yang  terletak di perbatasan Armenia.Tujuan saya menginap di Kars untuk beberapa hari memang untuk mengexplore Ani.Awalnya saya ingin naik transportasi umum saja dari Kars yang konon katanya ada dengan frekuensi sekali sehari berangkat pagi-pagi.Kota Kars tidaklah terlalu besar jadi saya gampang saja menemukan titik tempat mangkalnya angkot menuju Ani,katanya di depan cafe antique berdasarkan browsing di google.Saya sudah stand bye dari jam 9 pagi ,saya nggak nemuin angkot yang lagi ngetem sampe saya bolak balik memantau daerah tersebut.Akhirnya saya balik ke hotel.

welcome to ani


Di hotel ,sang resepsionis menawarkan paket transportasi semacam tour ke Ani dan danau cildir yang kebetulan memang saya mau kedua tempat tersebut tapi rencana saya sehabis dari Ani saya akan mengunjungi cildir sekaligus menuju kota  Ardahan yang sudah dekat dengan cildir  jadi nggak bolak balik Kars.Ternyata itinerary yang saya kasih ke reepsionis dengan keterbatasan bahasa tentunya nggak disetujui daripada ribet mending saya ikut tour tersebut yang harus bolak balik Kars.

Sabtu, 31 Agustus 2019

Menjelajah Dataran Tinggi Anatolia Timur : Van,Dogubayazit,Kars

Pengen menjelajah Turki tapi nggak mau yang terlalu banyak turis,akhirnya saya menjatuhkan pilihan ke daerah Anatolia timur yang berbatasan dengan beberapa negara.Di hostel sewaktu saya di Istanbul,staff hotel bertanya mau kemana lagi setelah Istanbul,saya jawab Mau ke Van,dia bilang wah itu sangat jauh,jauh iya kalau naik bus tapi kalau naik pesawat hanya 2 jam saja 

siap ngangkot menjelajah anatolia timur
Saya semakin kepincut ketika melihat foto-foto di daerah Anatolia timur ini  yang rata-rata kotanya berada di dataran tinggi ,jadi menurut penerawangan saya jika suatu negara atau kota yang berada di dataran tinggi itu viewnya pasti spektakuler dan kota-kota di Anatolia timur ini semuanya nggak terkenal dikalangan traveler karena Turki bagian barat lah yang menjadi primadona (udah lama nggak denger kata ini)para traveler makanya saya pingin sesuatu yang lain karena sudah 2 kali ke Istanbul